Tolok Ukur MGLRU Baru Terlihat Sangat Menjanjikan Untuk Kinerja Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

MGLRU sebagai “LRU Multi-Gen” untuk mengerjakan ulang kode reklamasi halaman kernel Linux agar tidak membebani CPU dan membuat pilihan yang lebih baik terus terlihat sangat bagus untuk masa depan kinerja Linux.
MGLRU v12 baru-baru ini diposting sebagai basis ulang dari seri tambalan yang dikembangkan Google ini sekarang melawan status Linux 5.19. Saya baru-baru ini mengambil tambalan ini untuk beberapa pembandingan baru dan terus terkesan dengan kinerjanya terutama pada perangkat dengan memori terbatas.
Detail MGLRU dari seri patch posting milis sebelumnya.

Google sudah menggunakan MGLRU di Android dan Chrome OS dan hasilnya sangat baik. Banyak organisasi/pengguna telah melaporkan hasil kinerja yang luar biasa dengan MGLRU. Jika semuanya berjalan dengan baik, kita mungkin dapat melihat MGLRU sebagai jalur utama untuk siklus Linux 5.20.
Salah satu sistem yang digunakan untuk pengujian adalah server dual AMD EPYC 75F3 2P untuk menekankan patch MGLRU v12 berbasis Linux 5.19-rc2… Kernel yang sama dibangun untuk setiap proses, hanya proses “dinonaktifkan” yang menggunakan antarmuka sysfs untuk menonaktifkan MGLRU. Proses MGLRU berada pada konfigurasi default.
Di sejumlah area, kernel yang mendukung MGLRU menghasilkan peningkatan kinerja kecil hingga sedang pada server AMD EPYC Zen 3 ini.
Meskipun ada beberapa regresi kinerja yang terlihat dengan MGLRU diaktifkan:
Hanya ada beberapa kasus penurunan kinerja dengan konfigurasi yang diaktifkan MGLRU, tetapi saya akan mengawasinya dan menjalankannya di beberapa server yang lebih besar.
Saya juga menjalankan beberapa tes pada laptop AMD Ryzen 5 5500U dengan hanya 8GB RAM… Selain penggunaan laptop, konfigurasi RAM Ryzen + ~8GB semacam itu agak umum di antara komputasi tepi dan lingkungan jenis klien tipis lainnya. Dari puluhan benchmark yang dilakukan, sebagian besar pengujian menunjukkan tidak ada perubahan performa. Tetapi ketika menyangkut beban kerja I/O seperti database, MGLRU terbukti sangat membantu:
Jadi sementara sebagian besar tolok ukur tidak menunjukkan perubahan kinerja dengan kernel yang mendukung MGLRU, untuk berbagai beban kerja tipe database, kernel yang mendukung MGLRU sangat bermanfaat untuk sistem RAM Ryzen 5 APU + 8GB ini. Memang, tidak banyak pengguna laptop yang menjalankan beban kerja database seperti itu di laptop itu sendiri, tetapi bagi mereka yang memiliki perangkat komputasi edge / thin client / server SOHO dengan APU/CPU konsumen dan ~8GB RAM, fitur MGLRU terbukti sangat menarik .
Itu adalah tolok ukur MGLRU v12 yang telah saya lakukan sejauh ini, nantikan pengujian MGLRU lainnya di Phoronix dengan ini menjadi salah satu fitur kernel terkait kinerja yang paling menarik yang sedang dikerjakan belakangan ini. Mudah-mudahan kita akan melihat MGLRU akhirnya menjadi mainstream untuk Linux 5.20 untuk membuat siklus kernel berikutnya menjadi lebih menarik.

Itulah berita seputar Tolok Ukur MGLRU Baru Terlihat Sangat Menjanjikan Untuk Kinerja Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.