Tor Browser 12.0 Dirilis dengan Dukungan Multi-Lokal, Berdasarkan Seri Firefox 102 ESR

  • Post author:
  • Post category:Linux


The Tor Project hari ini mengumumkan rilis Tor Browser 12.0 sebagai rilis stabil terbaru dari browser web sumber terbuka, gratis, dan lintas platform yang berfokus pada privasi ini bagi mereka yang ingin melindungi anonimitas mereka secara online.

Tor Browser 12.0 adalah pembaruan utama ke browser web berbasis Firefox yang ditenagai oleh teknologi anonim Tor dan dilengkapi dengan internal yang ditingkatkan berdasarkan seri Firefox ESR (Extended Support Release) terbaru, yaitu Mozilla Firefox 102.

Untuk pengguna desktop, rilis Tor Browser 12.0 menghadirkan dukungan multi-lokal , yang berarti Anda tidak perlu lagi mencari dan mengunduh paket bahasa dari situs web resmi jika Anda ingin menggunakan Tor Browser dalam bahasa lain selain bahasa Inggris. Semua bahasa yang didukung sekarang disertakan dalam paket yang sama, tanpa meningkatkan ukurannya terlalu banyak.
“Membundel beberapa bahasa dalam satu unduhan akan meningkatkan ukuran file Tor Browser – kami sangat menyadari hal ini; namun, kami telah menemukan cara untuk melakukan penghematan efisiensi di tempat lain, yang berarti perbedaan ukuran file antara Tor Browser 11.5 dan 12.0 kecil,” kata pengembang dalam catatan rilis. Pengguna dapat dengan mudah beralih di antara bahasa yang didukung melalui menu Bahasa di Umum pengaturan. Proyek Tor merekomendasikan untuk memulai ulang browser web setelah mengubah bahasa untuk memastikan perubahan memiliki efek yang lengkap. Jika Anda memperbarui penginstalan sebelumnya, pengaturan bahasa dipertahankan.

Untuk pengguna Android, Tor Browser 12.0 mengaktifkan mode HTTPS-Only secara default untuk keamanan yang lebih baik dan untuk melindungi Anda dari serangan pengupasan SSL, dan menambahkan opsi baru di Privasi dan Keamanan bagian untuk memungkinkan Anda memprioritaskan situs .onion, sebuah fitur yang, ketika diaktifkan, secara otomatis mengarahkan Anda ke situs .onion yang cocok dari situs web masing-masing jika telah dikonfigurasikan Onion-Location.

Di antara perubahan penting lainnya, rilis ini menambahkan dukungan untuk bahasa Albania ( sq) dan bahasa Ukraina (UK), menambahkan dukungan asli Apple Silicon, menambahkan dukungan untuk rilis Tor 0.4.7.12 terbaru, menambahkan dukungan untuk Go 1.19.3, dan menyempurnakan Tor Launcher dan fitur letterboxing.

Tor Browser 12.0 tersedia untuk unduh sekarang dari situs web resmi sebagai biner universal yang dapat digunakan pada semua distribusi GNU/Linux. Anda juga dapat memperbarui Peramban Tor yang ada melalui pembaruan OTA (Over-the-Air) dengan membuka dialog Tentang Peramban Tor di menu Bantuan.

Sumber: Google, 9to5linux.com