TornadoVM 1.0 Dirilis Untuk Menjalankan Java Pada Perangkat Keras Heterogen: CPU, GPU & FPGA

TornadoVM 1.0 telah dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka yang menyediakan plug-in OpenJDK dan GraalVM untuk memungkinkan Java pada perangkat keras heterogen mulai dari CPU multi-core hingga GPU dan FPGA. TornadoVM memungkinkan penargetan perangkat OpenCL, NVIDIA PTX, dan SPIR-V untuk serangkaian dukungan perangkat keras yang cukup kuat.
TornadoVM berfokus pada akselerasi Java untuk pembelajaran mesin dan perangkat lunak pembelajaran mendalam serta visi komputer, simulasi fisika, perangkat lunak keuangan, pemrosesan sinyal, dan banyak lagi. Dengan rilis TornadoVM 1.0 hari ini, terdapat API baru untuk mengalokasikan objek off-heap dan koleksi array, peningkatan penanganan bytecode internal TornadoVM, lebih banyak operasi matematika yang didukung di OpenCL / PTX / SPIR-V, tipe data vektor 16 untuk float / double / int, dukungan untuk driver Mesa Rusticl OpenCL, meningkatkan pemesanan perangkat default berdasarkan ukuran thread maksimum, pembenahan installer, peningkatan dokumentasi, dan banyak lagi.
Kode sampel TornadoVM

TornadoVM 1.0 juga menambahkan dukungan untuk OpenJDK 21, kompiler JIT GraalVM 23.1, integrasi dengan bahasa Truffle GraalVM 23.1 dari Python/Ruby/JavaScript, dan berbagai perbaikan bug.
Unduhan dan detail lebih lanjut tentang TornadoVM 1.0 melalui GitHub bagi mereka yang ingin memanfaatkan potensi GPU dan FPGA dari Java.

Itulah berita seputar TornadoVM 1.0 Dirilis Untuk Menjalankan Java Pada Perangkat Keras Heterogen: CPU, GPU & FPGA, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.