TUXEDO Computers Merilis Live ISO dari Distro Linux TUXEDO OS Berbasis Ubuntu

  • Post author:
  • Post category:Linux


Vendor perangkat keras Linux berbasis Jerman TUXEDO Computers mengumumkan hari ini dalam siaran pers ketersediaan umum untuk mengunduh image ISO langsung pertama dari distro Linux TUXEDO OS yang dibangun sendiri, berbasis Ubuntu.

Sebelumnya hanya tersedia pra-instal di perusahaan Notebook bertenaga Linux, TUXEDO OS sekarang juga tersedia untuk diunduh sebagai citra ISO, sama seperti 99,9% persen dari distribusi GNU/Linux di pasar.

Butuh sekitar setengah tahun bagi Komputer TUXEDO untuk mengembangkan, menguji, mendesain, dan membuat dokumentasi untuk rilis citra ISO pertama TUXEDO OS, yang merupakan turunan dari sistem operasi Ubuntu yang menampilkan lingkungan desktop KDE Plasma yang modern dan mewah.

Tentu saja, TUXEDO OS dirancang untuk laptop Linux Komputer TUXEDO, tetapi Anda sekarang bisa mencobanya di PC lain jika ingin menggunakan turunan Ubuntu ini. Selain itu, ISO langsung memungkinkan pelanggan TUXEDO Computers yang ada menginstal ulang sistem operasi jika mereka ingin memulai yang baru atau terjadi kesalahan dengan instalasi mereka.

Versi ISO TUXEDO OS juga dilengkapi dengan beberapa fitur khusus, seperti mode live yang memungkinkan Anda mencoba sistem operasi tanpa menginstalnya, mempartisi individual sehingga Anda dapat menginstalnya bersama OS lain, fungsi perbaikan otomatis untuk memperbaiki instalasi yang rusak, chroot satu-klik untuk dengan mudah mengatur chroot untuk memperbaiki instalasi yang rusak secara manual, dan WebFAI integration.
“Pelanggan tidak hanya menerima notebook dan PC Linux dengan dukungan Linux terbaik dari TUXEDO Computers, tetapi juga semua driver yang sudah diinstal sebelumnya serta distribusi Linux yang dioptimalkan perusahaan sendiri TUXEDO OS berbasis Ubuntu dengan desktop KDE Plasma,” kata TUXEDO Computers.
Ketika ditanya mengapa distribusi Linux lagi, TUXEDO Computers mengatakan bahwa TUXEDO OS terutama dirancang dan disesuaikan untuk pelanggan laptop Linux-nya rs, tetapi tidak ada yang menghentikan Anda untuk menginstalnya di PC Anda sendiri jika Anda ingin menggunakan distro ini.

Versi terbaru didasarkan pada Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) dan menampilkan lingkungan desktop KDE Plasma 5.25. Dibandingkan dengan Ubuntu, TUXEDO OS dikirimkan dengan PipeWire secara default, konfigurasi bootloader GRUB kustom dengan dukungan untuk dual-boot, pilihan perangkat lunak yang sedikit berbeda, dan tidak disertakan dengan Snaps.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang TUXEDO OS dan mengunduh ISO langsung gambar, kunjungi situs web resminya. Anda dapat menulis citra ISO pada flash drive USB untuk menjalankannya secara langsung di PC Anda, tetapi harap diingat bahwa Boot Aman harus dinonaktifkan di firmware UEFI komputer Anda untuk penginstalan. Juga, harap perhatikan bahwa ISO tampaknya tidak berfungsi pada mesin virtual.

Kredit gambar: TUXEDO Computers

Sumber: Google, 9to5linux.com