Ubuntu 22.04 LTS Mengubah Default Untuk Driver NVIDIA Kembali Menggunakan X.Org Daripada Wayland

Sementara kembali pada bulan Maret Ubuntu 22.04 “Jammy Jellyfish” mengubah perilaku default untuk driver NVIDIA untuk menggunakan Wayland sejalan dengan grafis Intel dan Radeon setelah menggunakan sesi GNOME Wayland daripada X.Org selama beberapa rilis terakhir, perubahan ini dikembalikan pada menit terakhir. Dengan SRU hari peluncuran, Ubuntu 22.04 LTS secara default menggunakan sesi GNOME X.Org daripada Wayland saat menjalankan driver NVIDIA berpemilik.
Tahun lalu Ubuntu telah default ke sesi Wayland saat menggunakan Intel, Radeon, dan driver Mesa lainnya untuk desktop GNOME. Ini telah berhasil di sana sementara default untuk Ubuntu 21.04/21.10 dengan driver NVIDIA tetap menggunakan sesi X.Org. Itu direncanakan untuk berubah dengan Ubuntu 22.04 LTS sekarang karena driver berpemilik NVIDIA mendukung GBM dan ketika menggunakan rilis terbaru, dukungan Wayland mereka umumnya dalam kondisi sangat baik. Jadi bulan lalu ketika perubahan dilakukan untuk driver NVIDIA ke default ke Wayland, itu adalah pertanda waktu yang baik untuk Wayland…

Tapi minggu ini sebelum Ubuntu 22.04 dirilis, NVIDIA meminta kepada Ubuntu/Canonical agar mereka mengubah default ke X.Org pada sistem khusus NVIDIA. Tetapi minggu ini sebelum Ubuntu 22.04 dirilis, NVIDIA meminta kepada Ubuntu/Canonical agar mereka mengubah default mereka ke X.Org pada sistem khusus NVIDIA.
Jadi paket GNOME Display Manager (GDM) Ubuntu telah diperbarui sehingga sistem khusus NVIDIA kembali menggunakan sesi GNOME X.Org secara default. Pengecualiannya adalah untuk sistem grafis hybrid di mana ada campuran GPU NVIDIA dan Intel/AMD, Wayland akan menjadi default dalam kasus tersebut untuk memiliki pengalaman yang lebih baik daripada X.Org. Tetapi setidaknya opsi layar masuk GDM akan tetap ada untuk memungkinkan pengguna NVIDIA Linux untuk ikut serta menggunakan sesi Wayland jika diinginkan.
Perubahan menit terakhir (hari peluncuran!) sehingga sistem khusus NVIDIA dengan driver berpemilik sekarang secara default kembali menggunakan sesi X.Org daripada Wayland.

Paket GDM itu baru saja diunggah pada hari Kamis dan bukan bagian dari rilis Ubuntu 22.04 LTS gambar melainkan pembaruan awal. Jadi secara default NVIDIA di Ubuntu 22.04 LTS kembali menggunakan sesi X.Org tetapi setidaknya ada opsi waktu masuk yang mudah jika Anda ingin menikmati pengalaman NVIDIA Wayland.

Itulah berita seputar Ubuntu 22.04 LTS Mengubah Default Untuk Driver NVIDIA Kembali Menggunakan X.Org Daripada Wayland, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.