Ubuntu 22.10 Beralih ke PipeWire Untuk Penanganan Audio Linux

Perubahan awal yang dilakukan minggu ini pada Ubuntu 22.10 dalam status pengembangan awal adalah mengganti server suara PulseAudio dengan PipeWire.
PipeWire telah digunakan di Ubuntu untuk menangani streaming video tetapi untuk Ubuntu 22.10 musim gugur ini akhirnya akan menggunakan PipeWire untuk audio juga. Distribusi lain seperti Fedora Workstation telah menggunakan PipeWire untuk sementara waktu dan telah matang cukup baik dan terbukti dapat diandalkan terutama dengan manajer sesi WirePlumber. Baru-baru ini, PipeWire cukup lancar dalam hal kebutuhan audio desktop/laptop Linux dan akhirnya Canonical merasa nyaman dengan beralih ke siklus pengembangan berikutnya.
Ubuntu akhirnya beralih ke PipeWire untuk Linux audio!

As minggu ini di pengembangan Ubuntu 22.10 “Kinetic Kudu” PulseAudio telah dihapus dari desktop Ubuntu bersama dengan komponen lain seperti integrasi GStreamer PulseAudio. Sementara itu PipeWire-Pulse ditambahkan untuk dukungan PulseAudio PipeWire.
Heather Ellsworth dari Canonical juga mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa PipeWire untuk Ubuntu 22.10 adalah tujuan mereka.

Itulah berita seputar Ubuntu 22.10 Beralih ke PipeWire Untuk Penanganan Audio Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.