Ubuntu 22.10 Bertujuan Untuk Mendukung Papan RISC-V LicheeRV Sipeed $16+

  • Post author:
  • Post category:Linux

Selain Ubuntu yang mendukung papan StarFive VisionFive dan Nezha RISC-V, para insinyur Canonical juga bekerja untuk mendukung papan Sipeed LicheeRV juga untuk rilis 22.10 bulan depan. Sipeed LicheeRV terkenal sebagai salah satu papan RISC-V termurah di luar sana: harga mulai dari $16,90 USD. Sipeed LicheeRV adalah papan modul komputasi dengan konektor M.2 yang dapat terhubung ke papan pembawa untuk konektivitas tambahan. Sipeed LicheeRV menggunakan Allwinner D1 SoC dan ditenagai oleh prosesor RISC-V 64-bit XuanTie C906 inti tunggal. Prosesor RISC-V single-core ini hanya berjalan pada 1.0GHz. Ya, ini adalah papan yang sangat murah tapi lambat. LicheeRV terutama untuk tujuan jaringan dan kasus penggunaan IoT lainnya.

The Sipeed LicheeRV hanya memiliki 512MB memori sistem DDR3 792MHz tetapi ada juga varian 1GB. Penyimpanan disediakan oleh slot micro-SD. Ada dukungan output video/tampilan opsional melalui SPI. Papan RISC-V ini terlalu lambat untuk kasus penggunaan desktop Linux yang layak atau bahkan sebagian besar kasus penggunaan yang bekerja dengan baik dengan Raspberry Pi, tetapi seharusnya cukup untuk beberapa tujuan IoT. LicheeRV tersedia mulai dari $16,90 dari Aliexpress sebagai satu-satunya distributor yang mengirimkan ke pasar barat. Sipeed LicheeRV diumumkan tahun lalu dan awalnya menargetkan dukungan untuk distribusi Linux berbasis OpenWrt, tetapi Canonical baru-baru ini telah bekerja untuk mendapatkan dukungan untuk papan RISC-V ini untuk Ubuntu 22.10. Ini tampaknya menjadi bagian dari peningkatan fokus oleh pembuat Ubuntu untuk menjadi pesaing distribusi terkemuka untuk perangkat keras RISC-V. Sekarang ada pengecualian pembekuan fitur dengan paket driver WiFi berbasis DKMS untuk mendukung LicheeRV. Sepertinya permintaan akan dikabulkan dan Ubuntu 22.10 bertujuan untuk mendapatkan dukungan yang baik untuk board ini dengan rilis Ubuntu berikutnya.

Itulah berita seputar Ubuntu 22.10 Bertujuan Untuk Mendukung Papan RISC-V LicheeRV Sipeed $16+, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.