Ubuntu 22.10 (Kinetic Kudu) Beta Dirilis dengan GNOME 43, Linux Kernel 5.19

  • Post author:
  • Post category:Linux


Canonical hari ini menerbitkan versi beta dari rilis sistem operasi Ubuntu 22.10 (Kinetic Kudu) yang akan datang untuk pengujian publik menjelang rilis final yang direncanakan pada 20 Oktober 2022.

Menampilkan lingkungan desktop GNOME 43 terbaru, Ubuntu 22.10 beta hadir dengan PipeWire sebagai default sound system, yang didampingi oleh WirePlumber sebagai manajer sesi dan kebijakannya, GCC 12 sebagai kompilator sistem default, dukungan untuk format gambar WebP di luar kotak, serta komponen dan aplikasi yang diperbarui.

Tetapi bagian yang paling menarik dari rilis ini adalah fakta bahwa Ubuntu Unity sekarang tersedia sebagai rasa resmi, menampilkan lingkungan desktop Unity7 lama yang bagus di atas basis Ubuntu 22.10. Canonical memutuskan untuk menerima Ubuntu Unity sebagai rasa resmi dimulai dengan rilis Kinetic Kudu pada akhir Oktober.

Rasa Ubuntu resmi lainnya dikirimkan dengan lingkungan grafis yang diperbarui juga, termasuk KDE Plasma 5.25 untuk Kubuntu dan Ubuntu Studio, Xfce 4.17 untuk Xubuntu, LXQt 1.1. 0 untuk Lubuntu, Budgie 10.6.2 untuk Ubuntu Budgie, MATE 1.28 untuk Ubuntu MATE, dan UKUI 3.1 untuk Ubuntu Kylin.

Di bawah tenda, Ubuntu 22.10 beta ditenagai oleh kernel Linux 5.19, yang menampilkan dukungan untuk fitur Secure Nested Paging AMD, inisial dukungan untuk arsitektur CPU RISC ISA “LoongArch” Loongson, dukungan untuk file firmware terkompresi ZSTD, dukungan untuk ARM Scalable Matrix Extension (SME), dan banyak perubahan lainnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ubuntu 22.10 akan diluncurkan pada 20 Oktober 2022 Sampai saat itu, Anda dapat mengambil versi beta untuk putaran di komputer pribadi Anda dengan mengunduh gambar ISO langsung dari situs web resmi, di mana Anda juga akan menemukan versi beta dari K ubuntu, Xubuntu, Lubuntu, Ubuntu Studio, Ubuntu Budgie, Ubuntu Unity, Ubuntu MATE, dan rasa resmi Ubuntu Kylin.

Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis Ubuntu 22.10, jadi jangan menginstalnya di mesin produksi karena bug mungkin masih ada. Juga, JANGAN upgrade dari rilis Ubuntu sebelumnya ke versi beta ini!

Sumber: Google, 9to5linux.com