Ubuntu 22.10 “Kinetic Kudu” Dijadwalkan Rilis pada 20 Oktober 2022


Setelah rilis Ubuntu 22.04 LTS “Jammy Jellyfish”, tim Ubuntu sekarang memfokuskan upaya mereka pada rilis besar berikutnya dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian mereka, Ubuntu 22.10 “Kinetic Kudu”.

Set yang akan tiba akhir tahun ini pada bulan Oktober Tanggal 20, Ubuntu 22.10 telah dijuluki oleh Canonical sebagai “Kinetic Kudu”. Siklus pengembangan enam bulan akan dimulai secara resmi akhir pekan ini pada tanggal 28 April dengan unggahan toolchain, dan tim juga menerbitkan jadwal rilis.

Menurut jadwal rilis, Ubuntu 22.10 versi Beta akan tiba untuk pengujian publik pada tanggal 29 September, sementara dua acara “Ubuntu Testing Week” akan diadakan masing-masing pada tanggal 30 Juni dan 1 September untuk mendorong komunitas menguji rilis mendatang.

Pengembangan akan didasarkan pada rilis saat ini, seperti halnya dengan semua rilis Ubuntu sebelumnya. Namun, masih terlalu dini untuk membicarakan fitur-fitur baru. Kemungkinan besar, Ubuntu 22.10 “Kinetic Kudu” akan menampilkan lingkungan desktop GNOME 43 (semoga dengan lebih banyak aplikasi GTK4), yang dijadwalkan untuk dirilis pada 21 September 2022.

Juga, Ubuntu 22.10 kemungkinan besar akan didukung oleh kernel Linux 5.19 yang akan datang. seri sejak kernel Linux 5.20 akan keluar pada awal Oktober dan tidak ada cukup ruang untuk pengujian karena tahap pengembangan Kernel Freeze ditetapkan untuk 6 Oktober 2022.

Saya berharap Ubuntu 22.10 memiliki teknologi GNU/Linux terbaru dan terhebat karena hanya akan didukung selama sembilan bulan, hingga Juli 2023. Selain itu, kita juga harus memiliki detail lebih lanjut tentang rantai alat yang diperbarui ketika ISO build harian pertama akan diterbitkan untuk pengujian.

Seperti biasa, saya akan terus mengawasi siklus pengembangan jurusan berikutnya Rilis Ubuntu, jadi pantau terus tempat ini untuk info lebih lanjut tentang Ubuntu 22.10 “Kinetic Kudu” dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Sumber: Google, 9to5linux.com