Ubuntu 22.10 Melihat Mengganti WPA Dengan IWD Untuk Nirkabel Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Menambah daftar perubahan yang direncanakan untuk rilis Ubuntu 22.10 Oktober ini adalah transisi dari WPA_Supplicant ke daemon IWD Intel untuk kebutuhan nirkabel Linux.
IWD adalah Daemon Nirkabel iNet yang dikelola oleh Intel dan dirancang untuk menawarkan efisiensi yang lebih baik dan fitur modern dibandingkan WPA_Supplicant yang umum digunakan. IWD dapat berintegrasi dengan NetworkManager, systemd-networkd, dan Intel`s ConnMan sementara all-around sebagian besar dalam kondisi yang baik dan matang akhir-akhir ini. Intel mulai mengembangkan IWD lebih dari setengah dekade yang lalu.
Kembali pada tahun 2020, pengembang Ubuntu sedang melihat IWD untuk berpotensi menggantikan WPA_Supplicant. Sekarang untuk siklus Ubuntu 22.10 saat ini, perubahan itu akhirnya dapat terjadi.
Sejak bulan lalu, ini adalah bug Ubuntu tentang mempromosikan IWD dari arsip Ubuntu Universe ke dalam arsip “utama” dan mengganti WPA dengan IWD sebagai layanan nirkabel default.

Open TODO masih dilihat dan IWD perlu dievaluasi lebih dekat oleh tim keamanan Ubuntu sebelum keputusan akhir dibuat untuk memiliki IWD secara default di Ubuntu 22.10, tetapi dalam melacak proses IWD beberapa tahun terakhir, itu berdiri peluang bagus terjadi sekarang siklus pasca-LTS ini.
Situs proyek IWD dasar bagi mereka yang tertarik dapat ditemukan di kernel.org.

Itulah berita seputar Ubuntu 22.10 Melihat Mengganti WPA Dengan IWD Untuk Nirkabel Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.