Umpan Balik GCC-Rust Dicari – Mungkin Bertujuan Untuk Upstream Di GCC 13

  • Post author:
  • Post category:Linux

Front-end Rust-GCC yang memungkinkan kode Rust untuk dikompilasi dengan GNU Compiler Collection (GCC) mungkin dapat di-upstream untuk rilis compiler GCC 13 tahun depan tetapi belum tentu selesai pada tahap itu. Bagaimanapun, ada baiknya melihat kemajuan di Rust-GCC sebagai alternatif dari kompiler resmi berbasis LLVM Rust. Pengembang front-end GCC-Rust Philip Herron dari Embecosm telah memulai diskusi milis baru dengan pengembang upstream GCC. Herron mencari umpan balik pengembang GCC hulu tentang proses peninjauan untuk menggabungkan fitur sebesar itu ke dalam kompiler, kualitas yang diperlukan sebelum dapat di-upstream, manajemen rilis GCC jika kode ini dapat mendarat lebih cepat daripada nanti, dan faktor-faktor terkait. Adapun keadaan front-end GCC-Rust saat ini, Herron berkomentar, “rencana proyek saya saat ini membawa kita ke November 2022 di mana kita (peristiwa yang tidak terduga mengizinkan) harus dapat mendukung kode Rust yang valid yang menargetkan versi Rustc ~ 1.40 dan menggunakan kembali libcore , liballoc dan libstd. Tanggal ini tidak memperhitungkan fitur peminjam dan peti makro proc, yang kami rencanakan untuk diterapkan, tetapi ini akan menjadi proyek enam bulan lebih lanjut.” Jika rencana November mereka tercapai, itu masih bisa menyelaraskan front-end GCC-Rust untuk di-upstream tepat waktu untuk GCC 13. GCC 13.1 sebagai rilis stabil pertama harus keluar April depan meskipun cut-off fitur ditutup sebelum itu titik. Tetapi jika menunggu lebih dari fungsionalitas itu selesai sebelum upstreaming GCC-Rust, itu akan menundanya hingga GCC 14 untuk dirilis pada tahun 2024 dengan rilis poin GCC yang biasanya tidak mendukung fitur tiket besar. GCC-Rust

Lihat utas milis ini tempat pertanyaan diajukan untuk pengelola GCC upstream. Kode GCC-Rust saat ini untuk mereka yang tertarik dapat ditemukan di GitHub. Laporan status GCC-Rust bulanan terus dipublikasikan di blog Philip Herron. Jika dukungan Rust awal ditingkatkan untuk rilis kompiler GCC 13 tahun depan, itu adalah kabar baik seiring dengan kode Rust akan segera menjadi arus utama di kernel Linux juga – berpotensi untuk siklus 5.20 untuk mengakhiri musim panas.

Itulah berita seputar Umpan Balik GCC-Rust Dicari – Mungkin Bertujuan Untuk Upstream Di GCC 13, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.