Valve Menerapkan Keikutsertaan VK_KHR_present_wait Untuk Driver Mesa Vulkan

  • Post author:
  • Post category:Linux

Mendarat minggu ini dalam Mesa 23.0 adalah implementasi awal dari ekstensi VK_KHR_present_wait Vulkan, yang oleh Hans-Kristian Arntzen dari tim Linux Valve dan ketenaran VKD3D-Proton disebut sebagai ekstensi “sangat berguna” tetapi karena keterbatasan spesifikasi saat ini adalah untuk saat ini hanya dibuat keikutsertaan melalui opsi DriConf sehingga dapat ditangani per game/aplikasi. VK_KHR_present_wait tanggal kembali ke 2019 meskipun ditambahkan tahun lalu di Vulkan 1.2.185. VK_KHR_present_wait dibuat oleh Keith Packard untuk pekerjaan kontraknya untuk Valve. Ekstensi ini memungkinkan aplikasi untuk menunggu operasi saat ini selesai sehubungan dengan penggunaan KHR_swapchain. VK_KHR_present_wait dapat digunakan untuk memantau dan mengontrol kecepatan aplikasi melalui jumlah gambar beredar yang belum ditampilkan. Berguna untuk mondar-mandir bingkai untuk game dan mungkin menarik bagi Valve untuk mendorong ke Steam Deck untuk perangkat lunak yang menggunakan ekstensi ini.

Masalah saat ini dengan spesifikasi VK_KHR_present_wait adalah kurangnya kueri permukaan untuk memeriksa dukungannya pada basis per permukaan. Hingga ada kemampuan menunggu saat ini untuk meminta dukungan berdasarkan tipe per permukaan, ekstensi disembunyikan di balik opsi DriConf. Penggabungan ini membuat KHR_present_wait terekspos saat “vk_khr_present_wait=true” disetel untuk DriConf. Ini saat ini terhubung untuk driver Radeon RADV, Intel ANV, dan Qualcomm TURNIP Vulkan. Kode ini akan ditemukan pada rilis Mesa 23.0 kuartal berikutnya.

Itulah berita seputar Valve Menerapkan Keikutsertaan VK_KHR_present_wait Untuk Driver Mesa Vulkan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.