Valves Gamescope Compositor Menggabungkan Dukungan Penskalaan Gambar NVIDIA

Gamescope Wayland yang didukung Vulkan dari Valve telah menggabungkan dukungan untuk NVIDIA Image Scaling. Gamescope adalah mikro-kompositor yang dipimpin Valve yang lahir dari SteamCompMgr sebelumnya yang berfokus pada presentasi game yang dioptimalkan dengan penggunaan Wayland yang efisien dan berbagai pengoptimalan di sana untuk mengurangi latensi bingkai dan dapat menangani kasus penggunaan bersarang. GameScope seiring waktu juga telah menambahkan fitur tambahan seperti penskalaan bilangan bulat dan peningkatan Resolusi Super AMD FidelityFX. Sekarang yang terbaru langsung mendukung NVIDIA Image Scaling. Ini datang dengan NVIDIA yang telah mengerjakan dukungan untuk Gamescope dalam tumpukan driver milik mereka dan di bagian depan itu, driver beta R515 menyatukan bagian-bagiannya.

NVIDIA Image Scaling adalah penajam dan penajam spasial berbasis driver. Permintaan penggabungan oleh NVIDIA ini menambahkan integrasi NVIDIA Image Scaling (NIS) dan dapat diaktifkan melalui opsi -Y atau opsi –nis-upscaling saat meluncurkan Gamescope. Semalam bahwa kode NVIDIA NIS digabung. Dukungan NIS menarik rilis NVIDIA Image Scaling SDK 1.0 ke dalam pohon. NIS telah dibangun ke dalam driver berpemilik NVIDIA atau juga tersedia sebagai implementasi shader komputasi sebagai open-source (MIT) untuk penggunaan di tempat lain. NVIDIA Image Scaling SDK menyediakan penskalaan spasial tunggal dan algoritme penajaman untuk dukungan lintas platform. Algoritme penskalaan menggunakan filter penskalaan 6 ketukan yang dikombinasikan dengan penskalaan 4 arah dan filter penajaman adaptif, yang menghasilkan gambar halus yang bagus dan tepi yang tajam. Selain itu, SDK menyediakan algoritme penajaman arah adaptif yang canggih untuk digunakan dalam aplikasi yang tidak memerlukan penskalaan. Algoritme penskalaan dan penajaman terarah diberi nama NVScaler sedangkan algoritme penajaman-arah adaptif saja diberi nama NVSharpen. Kedua algoritme disediakan sebagai shader komputasi dan pengembang bebas untuk mengintegrasikannya dalam aplikasi mereka. Mereka yang ingin mencoba Gamescope dapat melakukannya melalui GitHub.

Itulah berita seputar Valves Gamescope Compositor Menggabungkan Dukungan Penskalaan Gambar NVIDIA, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.