VLC 3.0.18 Keluar dengan Dukungan RISC-V, Dukungan DVBSub di dalam MKV, Peningkatan SMBv2

  • Post author:
  • Post category:Linux

Perangkat lunak VLC Media Player
VideoLAN yang populer telah diperbarui ke versi 3.0.18, rilis pemeliharaan dan fitur dalam seri 3.0 dari aplikasi yang menghadirkan berbagai penyempurnaan dan perbaikan bug.

VLC 3.0.18 hadir lebih dari delapan bulan setelah VLC 3.0.17 dan memperkenalkan dukungan untuk arsitektur perangkat keras RISC-V, dukungan DVBSub di dalam file MKV, dukungan chroma Y16, serta pembaruan streaming adaptif utama, terutama untuk beberapa garis waktu dan WebVTT (Format Trek Teks Video Web).

Rilis ini juga menghadirkan berbagai peningkatan ke aplikasi untuk meningkatkan pencarian di file OGG, mencari di beberapa file MP4 yang terfragmentasi, pemutaran beberapa file FLAC, perilaku SMBv1 dan SMBv2, dan kompatibilitas FTP. Selain itu, VLC 3.0.18 memperbaiki bug dan crash dari rilis sebelumnya. Misalnya, mengatasi crash DxVA/D3D11 pada file HEVC dengan referensi palsu, regresi warna dengan VAAPI/iOS dan keluaran OpenGL, serta masalah pengubahan ukuran dengan OpenGL pada GLX/EGL/X11/XV, peregangan tekstur Direct3d9.

Juga diperbaiki adalah masalah crash dan ukuran penyimpanan dengan perpustakaan libass, pembuatan plugin GME, penempatan video dengan CAOpenGLLayer, masalah skrip vocaroo, pencarian kata sandi di modul KDE Wallet Manager (KWallet), masalah rendering dan kinerja dengan GPU lama, dan Lua skrip untuk YouTube untuk memungkinkan pemutaran yang dibatasi, tetapi pengembang mencatat fakta bahwa pembatasan YouTube masih mencegah pemutaran yang tidak dibatasi. Beberapa perbaikan bug untuk pengguna macOS dan Windows juga ada di VLC 3.0.18, yang dapat Anda unduh dan instal sekarang dari Flathub sebagai aplikasi Flatpak pada distribusi GNU/Linux favorit Anda. Bagi Anda yang lebih suka mengkompilasi VLC dari sumber dapat mengunduh tarball sumber dari situs resminya.

Sumber: Google, 9to5linux.com