VP9 Encoder & Fungsi Media Lainnya Dari Teslas FSD Chip Akan Di-Upstream Di Linux

Dengan kernel Linux 5.18 yang mencapai stabil dalam satu atau dua minggu ke depan, ada dukungan dasar untuk chip FSD Tesla. SoC berbasis Samsung untuk mendukung teknologi mengemudi mandiri Tesla memiliki bagian dukungan dasar untuk kernel ini sementara para insinyur Samsung sedang mengerjakan bagian lain dari dukungan SoC untuk rilis kernel di masa mendatang. Pekerjaan terbaru oleh para insinyur Samsung untuk meningkatkan dukungan chip Tesla FSD di dalam kernel Linux arus utama adalah menangani kekayaan intelektual MFC. MFC dalam konteks ini adalah untuk Codec Multi-Format Samsung sebagai pengkodean dan dekode video/pencitraan. Di Linux, Samsung MFC didukung oleh driver V4L2 yang mendukung berbagai generasi SoC Exynos. Seri patch yang dikirim pagi ini adalah untuk mengaktifkan dukungan Samsung MFC v12, yang mereka catat segera sebagai “MFC v12 digunakan di Tesla FSD SoC.” Tesla

Dengan codec multi-format ini di Tesla FSD SoC, patch kernel memungkinkan dukungan untuk encoder video VP9, ​​format YV12 dan I420, pengendalian laju / penanganan encoder UHD / DMA-BUF, alokasi buffer DPB, dan berbagai perubahan lainnya. Ini adalah versi Samsung MFC pertama yang melihat kemampuan encode VP9. Lihat seri patch kernel ini jika tertarik dengan dukungan Samsung MFC untuk Tesla FSD SoC dengan kernel Linux arus utama. Sementara itu antri sejauh ini menjelang jendela penggabungan Linux 5.19 yang akan datang juga beberapa pembaruan DeviceTree untuk dukungan Tesla FSD. Agaknya Samsung sedang bekerja untuk mendapatkan berbagai elemen ini di-upstream ke dalam kernel untuk mengurangi beban pemeliharaan mereka di kemudian hari jika Tesla menemukan alasan atau ingin mendasarkan kembali tumpukan perangkat lunak mereka di atas kernel Linux LTS yang lebih baru. Ini juga berarti membawa delta tambalan yang lebih kecil melawan hulu dengan kemungkinan iterasi chip FSD di masa mendatang.

Itulah berita seputar VP9 Encoder & Fungsi Media Lainnya Dari Teslas FSD Chip Akan Di-Upstream Di Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.