Wine 8.21 Dirilis Dengan Penskalaan HiDPI & Kode Vulkan Awal Untuk Pengemudi Wayland

Wine 8.21 keluar hari ini sebagai rilis pengembangan Wine dua mingguan terbaru dan yang terakhir sebelum pembekuan fitur yang akan datang dalam dua minggu.
Yang penting dengan rilis Wine 8.21 adalah pengerjaan lanjutan pada driver Wine Wayland. Dukungan asli Wayland untuk Wine ini sekarang mencakup dukungan penskalaan HiDPI awal serta dukungan awal Vulkan. Dukungan Vulkan belum sepenuhnya dapat digunakan tetapi sedang berupaya untuk mengatur semuanya dan akan menarik untuk melihat apa lagi yang dimasukkan ke dalam driver Wine Wayland sebelum pembekuan kode untuk Wine 9.0.
Alexandros Frantzis dari

Colllabora melakukan pekerjaan yang baik pada driver Wine Wayland dan menyiapkan semuanya di bagian hulu. HiDPI tentu saja penting dengan tampilan saat ini dan dukungan Vulkan penting untuk game Windows modern yang diharapkan dapat bekerja dengan Wine di Wayland.
Yang juga penting dengan Wine 8.21 adalah dimulainya dukungan terhadap target ARM64EC. ARM64EC adalah ABI baru untuk aplikasi Windows 11 di Arm. ARM64EC ditujukan untuk “Kompatibel dengan Emulasi” dan untuk membantu membangun aplikasi asli baru atau secara bertahap berpindah dari aplikasi x64 ke ARM64 asli. Detail lebih lanjut tentang ARM64EC dapat ditemukan melalui dokumentasi Microsoft. Status ARM64EC Wine 8.21 ini hanyalah permulaan awal dalam mengincar dukungan untuk fungsi ini.
Wine 8.21 juga memiliki pembaruan pada database lokal dan sekitar 29 perbaikan bug yang diketahui. Perbaikan bug berkisar dari perbaikan driver Wayland hingga masalah Direct3D 10 yang diselesaikan hingga berbagai perbaikan game dan aplikasi.
Unduhan dan detail lebih lanjut tentang rilis pengembangan Wine 8.21 hari ini melalui WineHQ.org.

Itulah berita seputar Wine 8.21 Dirilis Dengan Penskalaan HiDPI & Kode Vulkan Awal Untuk Pengemudi Wayland, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.