XWayland Menambahkan Opsi Baru Untuk Mengekspos Mode Dummy Untuk Gamescope / Steam Deck

Digabungkan kemarin ke Server X.Org arus utama untuk XWayland adalah opsi “-force-xrandr-emulation” yang ditambahkan untuk penggunaan Gamescope / Steam Deck Valve. Opsi “-force-xrandr-emulation” baru untuk XWayland memungkinkan mode tambahan non-asli untuk diekspos ke klien X11 (dalam hal ini, game). Ini dimaksudkan untuk digunakan dengan compositor Wayland di mana ekstensi Viewporter tidak diekspos, seperti kasus dengan compositor Gamescope Valve yang digunakan di Steam Deck atau disiapkan oleh gamer Linux untuk digunakan di distribusi/lingkungan lain. Protokol Viewporter Wayland adalah yang biasanya memperlihatkan kemampuan pemotongan/penskalaan untuk permukaan Wayland yang dapat digunakan ketika ukuran permukaan tidak cocok dengan ukuran penyangga bingkai. Sangat penting bagi mereka yang ingin menjalankan game mereka pada resolusi non-standar yang lebih rendah.

Joshua Ashton, yang bekerja untuk Valve pada komponen Linux yang berbeda dari DXVK/VKD3D hingga Vulkan dan bit grafis Linux lainnya, membuat tambahan XWayland terbaru ini. Dalam komit ia menyimpulkan opsi -force-xrandr-emulation sebagai: Menambahkan sakelar cmdline -force-xrandr-emulation yang selalu memperlihatkan mode tambahan ketika viewporter tidak diekspos oleh penyusun Wayland. Memiliki mode tambahan yang diekspos oleh server X penting agar game berfungsi dan dikonfigurasi. Penggabung, seperti Gamescope (kompositor untuk Steam Deck), hanya mendukung satu jendela yang ditampilkan di tengah layar yang ditingkatkan ke isi layar oleh compositor berdasarkan beberapa pengaturan penskalaan pengguna. Mengekspos viewporter, tidak akan masuk akal di sini, dan dapat menyesatkan klien Wayland asli, jadi mengekspos modeset dummy di X lebih disukai di sini. Patch diantrekan ke X.Org Server Git untuk rilis mandiri XWayland berikutnya — dan mungkin diambil lebih cepat oleh SteamOS untuk integrasi Steam Deck.

Itulah berita seputar XWayland Menambahkan Opsi Baru Untuk Mengekspos Mode Dummy Untuk Gamescope / Steam Deck, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.