Zhaoxin Mencoba Lagi Untuk Meng-Upstream Dukungan CPU “LuJiaZui” Mereka Di Dalam GCC

Kembali pada tahun 2019, perusahaan CPU Cina Zhaoxin memperkenalkan “LuJiaZui” sebagai desain CPU 16nm x86 mereka untuk digunakan dari laptop hingga server. LuJiaZui jauh lebih baik dari chip mereka sebelumnya meskipun masih jauh di belakang kinerja AMD dan Intel. Dukungan kompiler GCC yang tepat untuk LuJiaZui dikirim lagi minggu ini setelah upaya upstreaming mereka sebelumnya tidak berhasil masuk ke GCC 12 karena terlambat dalam siklus.
Zhaoxin sebagai penyegaran adalah apa yang dimulai sebagai usaha patungan antara VIA dan pemerintah Shanghai dan fokus CPU x86 mereka adalah di pasar PC domestik Cina. CPU Zhaoxin LuJiaZui 16nm dapat berjalan hingga 3GHz, mendukung memori DDR4-3200, menangani hingga 64GB RAM, dan peningkatan lainnya untuk prosesor ini yang dipasarkan sebagai seri ZX-E / KX-6000 / KH-30k.
Zhaoxin LuJiaZui

Zhaoxin tahun ini diharapkan meluncurkan penerus YongFeng mereka untuk LuJiaZui dengan kinerja yang jauh lebih baik, kabarnya dukungan memori DDR5 dan konektivitas PCIe 4.0, dan banyak lagi. Zhaoxin meskipun hanya dalam beberapa bulan terakhir telah mencoba untuk meningkatkan deteksi dan dukungan LuJiaZui dalam kompiler GCC.
Patch ini memperbaiki masalah deteksi ID vendor CPU Zhaoxin dan menambahkan dukungan prosesor zhaoxin “lujiazui”. Saat ini gcc tidak dapat mengenali CPU Zhaoxin (ID vendor “CentaurHauls” dan “Shanghai”) jika pengguna menggunakan opsi -march=native, yang membingungkan pengguna. Patch ini mengaktifkan -march=native di prosesor ke-7 keluarga zhaoxin dan -march/-mtune=lujiazui, biaya dan penyetelan diatur sesuai dengan karakteristik prosesor. Kami menambahkan file md baru untuk menjelaskan pipeline lujiazui. Jika Anda memiliki akses atau tertarik dengan CPU x86 Cina ini, patch pengaktifan GCC saat ini ada di milis GCC. Kami akan melihat apakah itu akan segera ditarik sekarang karena GCC 12 telah bercabang dan GCC Git sedang melacak pekerjaan untuk GCC 13 tahun depan. Kami juga akan melihat apakah keluarga CPU YongFeng generasi berikutnya dari Zhaoxin melihat GNU yang lebih tepat waktu Koleksi Kompiler upstreaming.

Itulah berita seputar Zhaoxin Mencoba Lagi Untuk Meng-Upstream Dukungan CPU “LuJiaZui” Mereka Di Dalam GCC, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.