Muhaimin Iskandar Buka Halaqah Ulama & Kyai NU di Kendal

  • Post author:
  • Post category:PKB

KENDAL – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, Minggu (15/4/2012) membuka halaqah kiai dan ulama, yang diadakan Dewan Pimpinan Pusat PKB di Pondok Pesantren Alfadlu Walfadilah, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

Halaqah kiai dan ulama ini bertemakan “Tantangan Alussunah wal Jamaah di Tengah Arus Perubahan”.

Muhaimin mengakui, halaqah kiai dan ulama yang terakhir diadakan PKB, terkait dengan gerakan alussunah wal jamaah, adalah dua tahun lalu di Surabaya.

Halaqah itu dihadiri, antara lain KH Aziz Mansyur dari Jombang (Jawa Timur), Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj, KH Yahya Cholil Staquf dari Rembang, KH Masdar F Masudi, KH Yusuf Khudori (Magelang), dan KH Munif Muslih (Demak).

Muhaimin menyebutkan, 40 persen warga negara Indonesia mengaku sebagai warga aluhssunah wal jamaah, warga NU. Namun, pembangunan ternyata belum menyentuh mayoritas itu. Ini menjadi tantangan untuk NU dan PKB.

KH Aziz Mansyur mengakui, perlindungan dan kesejahteraan bagi warga ahlulssunah wal jamaah. Karena itu, NU yang tak bisa berpolitik praktis hanya membuka lapangan untuk politik praktis itu. Lapangan itu adalah PKB.

Muhaimin berharap dari halaqah itu bisa direkomendasikan bagaimana membangun dan menyatukan warga ahlulssunah wal jamaah yang utuh dan saling menguatkan.

sumber: Kompas.