PKB Siap Dukung Pasangan Capres Cawapres Terkuat

JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, menegaskan, PKB sampai saat ini terus mengamati figur-figur yang layak diusung partainya menjadi calon presiden (capres) 2014.

“Mana yang paling bagus, kita ambil nanti,” tegas Muhaimin, yang juga menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, itu kepada wartawan, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/6), usai rapat kerja dengan Komisi IX DPR.

Dia menambahkan, sampai sejauh ini belum ada nama-nama yang akan diusung oleh partainya sebagai capres. Namun, tegasnya, pihaknya hanya melakukan pengamatan terlebih dahulu untuk saat ini. “Karena itu butuh waktu, butuh menghitung elektabilitas,” kata Muhaimin.

Pria yang karib disapa Cak Imin itu menambahkan, semua nama-nama figur yang dinilai layak terus dipantau. Baik itu dari internal maupun eksternal partai. “Semuanya kita pantau. Baik yang sudah muncul maupun yang belum muncul ke publik,” ujarnya.

Ditanya kapan PKB akan mengumumkan nama capresnya, Cak Imin menegaskan, masih lama. “Pemilu legislatif saja belum. Tahun 2013-lah,” kata bekas wakil ketua DPR itu.

Yang jelas, kata dia, pengumuman itu tidak mesti berbarengan dengan Partai Demokrat yang sudah menegaskan pada 2013 juga akan mengumumkan nama capresnya. “Belum tentu (bersamaan dengan Partai Demokrat, red),” tegasnya.

Soal Presidensial Treshold dalam Undang-undang Pemilihan Presiden, Cak Imin mengatakan untuk sementara angka yang tepat adalah 20 persen. Hal itu menurut dia, akan membuat pencalonan di pilpres tidak ribet.

“Sementara ya kita inginnya 20 persen, supaya memersimple proses. Kalau calonnya kebanyakan, tidak simple,” ujarnya. Sumber: JPNN