PKB: Wacana Pembubaran Badan Anggaran DPR Tak Masuk Akal

  • Post author:
  • Post category:PKB

Jakarta – Sejumlah fraksi di DPR mendorong pembubaran Badan Anggaran DPR demi transparansi pembahasan anggaran di DPR. Namun demikian PKB menilai ide pembubaran badan anggaran DPR tidak masuk akal.

“Saya nggak paham dengan ide kawan-kawan ini.Itu kalau menentukan laju inflasi bagaimana, itu kan namanya badan anggaran ada tiga fungsi utama soal inflasi, lising minyak, pajak dan lain-lain. Kalau diserahkan di komisi itu membahasnya kapan, itu nggak masuk akal,”kritik Ketua FPKB DPR Marwan Jafar.

Hal ini disampaikan Marwan kepada detikcom, Kamis (25/8/2011).

Menurut Marwan, selama ini Badan Anggaran DPR memiliki peran sentral di DPR. Mereformasi Badan Anggaran DPR dengan menghapusnya dinilainya bukan solusi yang tepat.

“Membubarkan badan anggaran itu bukan solusi. Kalau semua fungsi badan anggaran dipindah ke komisi kan nggak lucu. Kok menentukan tax ratio sendiri, menentukan penerimaan pajak sendiri, kan banyak variabel di badan anggaran. Kalau membersihkan tikus jangan dirusak lumbungnya, jangan dirusak rumahnya, itu tidak menyelesaikan masalah,” paparnya.

Marwan sepakat dengan ide pembenahan di internal Badan Anggaran DPR, namun dengan solusi yang matang. Dengan jalan keluar yang tidak menambah masalah.

“Kalau mau ya dilakukan pembenahan internal badan anggaran, jangan asal asbun mencari popularitas, kan nggak baik,” tandasnya.