Google merilis Simian, Sebuah Deployment Engine untuk Mac OS X

Google baru saja merilis Simian, sebuah package deployment engine untuk Mac OS X sebagai sebuah proyek Open Source. Simian (http://code.google.com/p/simian/) mempermudah perusahaan enterprise untuk membuat atau mengupdate software berplatform Mac, menawarkan patch keamanan, mengelola update bawaan dari Apple dan memberi rekap status dari deployment yang sedang dijalankan secara mudah. Fitur tambahan dari Simian sendiri adalah mampu menjadi fasilitator instalasi beberapa paket ke sistem Mac.

Lahirnya project Simian ini sendiri lebih dikarenakan untuk mencukupi kebutuhan para anggota tim Google Mac Operations and Security yang sulit menemukan platform deployment spesifik Google di Mac. Simian dibangun dengan inspirasi dari Google App Engine dan client berbasis Munki (lihat http://code.google.com/p/munki/). Munki sendiri adalah sebuah tool powerfull yang mampu menangani instalasi paket ke sistem Mac OS, baik dalam format paket bawaan Apple, Adobe CS3/4/5 dan paket berbasis drag-n-drop images.

Bocoran dari para pengembang Simian yang saya dapat, Simian versi mendatang akan berfokus ke integrasi update Apple Software dengan konfigurasi instalasi paksa, alternatif penyimpanan, antarmuka rekap/reporting yang cantik dan tanda digital pada masing-masing paket. Silakan ikuti perkembangannya di halaman Google Code Simian.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: