Tidak Dapat Menemukan Raspberry Pi? Beli NUC Bekas Sebagai gantinya

Raspberry Pi 4 adalah komoditas laris, sangat laris sehingga harga meningkat secara signifikan. Jadi lupakan membayar lebih untuk sebuah Pi, belilah NUC bekas sebagai gantinya—ini adalah nilai yang jauh lebih baik.

Jika Raspberry Pi selalu tersedia dan dijual untuk MSRP, harga untuk papan Raspberry Pi 4 akan berkisar dari $35 untuk model 1GB dasar hingga $75 untuk model 8GB.

Titik harga $35 yang manis adalah salah satu hal terbaik tentang Raspberry Pi dan tepatnya mengapa Pi telah menjadi fondasi dari begitu banyak proyek. Kami menyukai Pi, dan selama bertahun-tahun, kami telah menulis banyak tutorial tentangnya. Saya telah menggunakan papan Pi untuk pusat media, server rumah, proyek hobi, apa saja. Jadi bisa dibilang kami adalah penggemar berat.

Tetapi kekurangan yang dimulai pada tahun 2020 dan terus berlanjut telah mengubah lanskap. Anda tidak bisa mendapatkan papan Pi seharga $ 35 sekarang (dan Anda tidak akan bisa melakukannya di masa mendatang). Sekarang taruhan terbaik Anda untuk mendapatkan Pi adalah berbelanja di situs lelang seperti eBay—tetapi alih-alih membayar $35-70, Anda membayar $125 hingga $175. Dalam banyak kasus, itu hanya untuk papan kosong tanpa kasing, penyimpanan, atau catu daya.

Melempar kasing yang bagus, catu daya berkualitas, dan kartu microSD yang bagus, Anda akan mendapatkan $30-40 lagi. Anda selalu harus membeli ekstra untuk papan Pi, tetapi menghabiskan $30 di atas papan $35 jauh lebih enak daripada menghabiskan $30 di atas papan $150 yang Anda dapatkan dengan harga calo.

Dan pada titik harga tersebut, “ Wow, saya mendapatkan banyak komputer mikro seharga $35!” kegembiraan keluar dari jendela, dan Anda harus mempertimbangkan untuk membelanjakan uang itu untuk hal lain. Masukkan Intel NUC. Mari kita lihat lebih dekat.

Jika Anda tidak terbiasa dengan NUC, berikut ringkasan singkatnya. Diperkenalkan oleh Intel pada tahun 2013, NUC (atau Next Unit of Computing) adalah PC dengan faktor bentuk yang sangat kecil. Kita berbicara tentang ukuran 5x5x2 inci atau lebih.

Jika Anda membeli NUC generasi baru yang baru, Anda dapat mengharapkan untuk membelanjakan sebanyak yang Anda lakukan untuk komputer yang lebih tradisional—mulai dari $350-900, tergantung pada perangkat keras di dalamnya.

Meskipun mengemas perangkat keras gen terkini ke dalam kotak kecil cukup keren, kami tidak tertarik untuk melihat NUC mutakhir yang benar-benar baru. Lagi pula, kami sedang mempertimbangkan untuk mengganti papan hobi seharga $35 dengan sesuatu yang bernilai sama atau lebih besar dengan tetap berada di atau di bawah harga $125-$175 yang dikenakan orang di eBay untuk unit Raspberry Pi 4. Solusinya? NUC yang digunakan. Jika Anda menemukan eBay, tempat itu hanya tenggelam di NUC bekas. Sepanjang hari, setiap hari, ada aliran konstan model NUC lama. Jadi mari kita pertimbangkan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil kit NUC bekas dari eBay daripada membayar harga calo Pi.

Pada hari tertentu, Anda dapat menemukan kit NUC di eBay dengan titik harga yang sama dengan mark-up Raspberry Pi 4 (dan biasanya bahkan lebih rendah).

$125 mungkin memberi Anda papan Pi 4, tetapi $125, berbelanja untuk NUC bekas, akan memberi Anda prosesor i3 atau i5, RAM 4-8GB, biasanya dengan penyimpanan disertakan, a casing, adaptor daya, dan—jika itu penting bagi Anda atau tujuan proyek Anda—sering kali dengan Windows 10 Pro melempar di atas.

Tangkapan layar di atas menyoroti spesifikasi NUC5i5MYHE era 2015. Anda dapat menemukan hal-hal ini, termasuk RAM dan drive, di eBay dengan harga di bawah $100.

Jika Anda ingin bertaruh pada model “as-in” yang kehilangan adaptor daya atau hanya opsi barebone yang memiliki adaptor daya tetapi tidak t kapal dengan penyimpanan, Anda bisa pergi lebih rendah. Banyak pengecer memiliki banyak NUC lama, dan mereka akan memperhatikan bahwa mereka belum mengujinya.

Mereka menjualnya “as-in”, tetapi itu biasanya tidak berarti rusak. Itu berarti penjual tidak memiliki waktu atau keinginan untuk menguji setiap satu. Kami secara rutin melihat $50-75 NUC yang lebih kuat daripada Pi, tetapi belum diuji atau hanya kehilangan adaptor daya $20.

Perangkat Keras Lebih Kuat

Kecuali Anda membeli NUC tertua, dan yang berbasis Celeron di itu, perangkat keras NUC menjalankan putaran bahkan di sekitar Pi 4 (dan langsung menghancurkan semua model Pi sebelumnya).

Bahkan NUC pertengahan 2010 dengan prosesor yang lebih baik dari Celeron akan mengungguli Pi hingga 200% dengan mudah. Jika Anda penasaran untuk membandingkan statistik, Anda selalu dapat menggunakan tes Raspberry Pi 8GB Geekbench ini sebagai dasar Anda dan kemudian menggunakan fungsi pencarian di Geekbench Browser untuk melihat build yang sebanding dengan NUC yang Anda pertimbangkan. Berikut tautan ke statistik NUC5i5MYHE vs. Pi yang terlihat pada tangkapan layar di atas.

Setelah Anda melampaui penggunaan Pi sebagai papan hobi sederhana atau komputer ringan, itu benar-benar terbayar untuk memiliki lebih banyak daya.

Ada juga manfaat untuk mesin menjalankan prosesor x86 dalam hal kekuatan dan fleksibilitas. Anda akan memiliki lebih banyak opsi mengenai apa yang dapat Anda jalankan di dalamnya, dan itu akan menangani menjalankan tugas-tugas berat sumber daya secara bersamaan dengan lebih baik.

Penyimpanan Lebih Cepat dan Lebih Stabil

Poke di sekitar forum hobi untuk hobi di mana orang sering menggunakan model Raspberry Pi untuk berbagai hal, seperti komunitas Home Assistant, dan Anda akan segera menemukan orang-orang yang meratapi keterbatasan penyimpanan Pi.

Penyimpanan kartu SD default Pi mungkin baik-baik saja untuk beberapa proyek, tetapi apa pun yang memerlukan banyak membaca dan menulis dengan cepat tidak hanya akan mengungkapkan keterbatasan dari media tetapi akan memakainya. Anda dapat mengatasinya dan menambahkan penyimpanan eksternal ke Pi untuk membantu mengatasi masalah, tetapi tetap saja masalah.

NUC, di sisi lain, menggunakan penyimpanan yang lebih tradisional. Tergantung pada modelnya, Anda dapat menggunakan SSD bergaya M.2, drive 2,5″ biasa (SSD atau HDD), atau keduanya—ditambah apa pun yang ingin Anda tambahkan melalui port USB3.

NUCs Semi -Upgradable

Anda tidak dapat mengganti CPU atau GPU pada NUC karena keduanya terintegrasi langsung ke dalam board. Namun, Anda dapat meningkatkan memori dan penyimpanan.

Jika Anda menemukan penawaran bagus pada NUC dan tidak memiliki memori sebanyak yang Anda inginkan, Anda dapat membeli lebih banyak. Hal yang sama jika Anda mendapatkannya di rumah, putar server Anda atau proyek lain apa pun, dan temukan bahwa Anda membutuhkan lebih banyak. Dengan Pi, Anda harus membeli papan baru atau menyerah karena papan maksimal 8GB.

Sama halnya dengan penyimpanan. Mungkin drive SSD 120GB kecil yang datang dengan model bekas sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan Anda, tetapi jika tidak, itu sepele untuk meng-upgrade.

Penggunaan Daya Tidak Berbeda Seperti yang Anda Pikirkan

Raspberry Pi generasi lama sangat legendaris dalam hal penggunaan daya. Anda dapat mematikannya dengan pengisi daya ponsel berkualitas baik.

A Pi 3 akan mengkonsumsi sekitar 1,5W saat idle dan sekitar 3,5W di bawah beban berat. Pi 4 mengkonsumsi sekitar 4W saat idle dan 7W di bawah beban. Itu masih cukup bagus—menjalankan Pi 4 Anda di bawah beban menggunakan daya yang sama banyaknya dengan menggunakan bola lampu LED.

NUCs memang menghabiskan lebih banyak energi, tetapi tidak sebanyak yang Anda pikirkan. Sebagian besar NUC mengkonsumsi sekitar 5-10W saat idle. Konsumsi daya meningkat dari sana berdasarkan beban dan seberapa kuat NUC yang dimaksud, tetapi untuk tugas yang setara dengan apa yang seharusnya Anda gunakan untuk Pi, kemungkinan Anda tidak akan mencapai lebih dari 15W atau lebih.

Untuk tugas di luar apa yang Pi bisa saja menangani, sebagian besar NUC tingkat rendah hingga menengah tidak akan menembus 35-45W—dan itu hanya ketika di bawah beban berat.

Jadi, secara realistis, NUC Anda kemungkinan besar akan berkisar sekitar 10-15W hampir sepanjang waktu. Sebagai perbandingan, katakanlah Pi rata-rata 6W sepanjang tahun dan NUC rata-rata 15W. Pada 12 sen per kWh, membiarkannya berjalan selama satu tahun akan menelan biaya $6,31 dan $15,78, masing-masing.

Mengingat peningkatan besar dalam kinerja yang datang dengan menukar Pi bahkan dengan NUC sederhana, itu tidak buruk sama sekali.

Jadi sampai papan Raspberry Pi lebih tersedia—dan bahkan jika tersedia, jika Anda memerlukan komputer mikro yang lebih tangguh untuk proyek Anda—cukup sulit untuk mengalahkan nilai NUC yang digunakan untuk mengisi kesenjangan.

Itulah berita seputar Tidak Dapat Menemukan Raspberry Pi? Beli NUC Bekas Sebagai gantinya, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.