Microsoft dan Sejumlah Perusahaan Berebut Yahoo

Microsoft Corp bersaing dengan perusahaan e-commerce asal Cina, Alibaba, untuk mengambil alih Yahoo.

Sumber Reuters menyebutkan kedua perusahaan raksasa ini juga akan bersaing dengan Providence Equity Partners, Hellman & Friedman, Silver Lake Partners, dan perusahaan investasi DST Global dari Rusia yang juga berminat membeli Yahoo. Nilai Yahoo diperkirakan mencapai US$ 20 miliar.

Microsoft sudah menaksir Yahoo senilai US$ 44,6 miliar pada 2008. Perusahaan peranti lunak ini menawar US$ 31 dolar per lembar saham Yahoo. Sedangkan Dewan Direksi Yahoo menyatakan nilai perusahaan itu mendekati US$ 40 dolar per saham.

Sejumlah analis mengatakan Yahoo bukan menolak tawaran Microsoft, tapi menunda sampai datang saat yang tepat. Kabar Yahoo akan dijual kembali muncul setelah CEO Yahoo, Carol Bartz, mundur. Microsoft dan sejumlah perusahaan lain kembali disebut-sebut akan mengambil alih Yahoo. Dalam perburuan kali ini direksi Microsoft belum menyatakan ada keputusan mengenai Yahoo.

Upaya Microsoft mengambil alih Yahoo ini dinilai strategis untuk menggabungkan bisnis peranti lunak dengan Internet. Direktur Microsoft mengatakan nilai Yahoo tak berkembang selama bertahun-tahun sehingga microsoft merasa harus membelinya.

Sumber: TempoInteraktif

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: