Rahasia Suksesnya Asus, HTC, Acer dkk

Jakarta – Apa persamaan dari brand terkemuka seperti Acer, Asus, dan HTC? Vendor ini semua berasal dari satu negara, Taiwan, dan sama-sama sukses. Apa rahasianya?

Patut diakui, Taiwan adalah salah satu pusat industri teknologi terkemuka di Asia bersama Jepang ataupun Korea Selatan. Selain brand-brand di atas, masih banyak merek teknologi terkemuka asal Taiwan. Sebut saja MSI, Gigabyte, Transcend, sampai D-Link.

Tentu ada alasan atau kondisi khusus mengapa Taiwan bisa melahirkan berbagai macam vendor teknologi skala global. Ternyata salah satu sebabnya adalah dukungan penuh dari pemerintah setempat terhadap industri teknologi.

“Kami punya berbagai institusi khusus yang dibantu penuh pemerintah untuk pengembangan perusahaan teknologi. Ada institut khusus riset dan pengembangan yang jika produknya sudah dirasa matang, akan diserahkan pada pihak swasta,” ucap James Chen, direktur Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) di Jakarta, Kamis (11/8/2011) sore.

Menurut James, keberadaan institut riset dan pengembangan bernama Industrial Technology Research Institute itu bertujuan membantu para perusahaan untuk mengembangkan produk. Jadi mereka bisa menekan biaya ketimbang jika melakukannya sendiri.

Layaknya Silicon Valley, pusat industri TI terkemuka di Amerika Serikat, Taiwan juga punya kota semacam itu. Hsinchu, demikian namanya, adalah kota pusat pengembangan industri teknologi di Taiwan. Banyak paten teknologi didaftarkan secara rutin dari kota ini.

Salah satu bentuk nyata dukungan pemerintah Taiwan adalah diselenggarakannya program ‘Taiwan Excellence’. Program yang ditangani Kementerian Ekonomi Taiwan dan TAITRA ini berusaha mempromosikan merek Taiwan ke pasar global.

Dalam kampanye di Indonesia saat ini, sudah sekitar 30 brand bergabung dengan TAITRA dan mendapat predikat ‘Taiwan Excellence’. Brand-brand tersebut akan dibantu mengorganisir promosi dan memperkuat merek di berbagai negara.

“Untuk memperoleh predikat Taiwan Excellence, persyaratannya sangat ketat. Misalnya beroperasi secara global, berkualitas dan memiliki inovasi,” tambah James.

Salah satu merek yang baru saja bergabung adalah DrayTek. Perusahaan yang bergerak di bidang solusi networking ini merasa terbantu dengan program Taiwan Excellence, di mana awareness masyarakat terhadap merek mereka mulai meningkat. Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: