Samsung-Intel Kembangkan ‘Tizen’ Sebagai Pesaing Android

Jakarta – Samsung dan Intel berduet untuk menciptakan sistem operasi mobile baru. OS open source berbasis HTML 5 ini diberi kode nama Tizen. Mampukah nantinya menyaingi Android atau iPhone?

Kemunculan Tizen dinilai sebagai akhir dari OS MeeGo. MeeGo yang dikembangkan Intel bersama Nokia agaknya memang sudah dilabeli gagal. Terlebih setelah Nokia sebagai partner utama malah ‘selingkuh’ ke Windows Phone.

Tizen rencananya akan dirilis pada tahun 2012. Selain untuk smartphone, platform baru ini niatnya juga akan menghampiri komputer tablet, smart tv sampai sistem hiburan di kendaraan.

“Kami percaya masa depan ada di aplikasi berbasis HTML 5 dan kami yakin investasi kami perlu bergeser ke arah HTML 5,” demikian diterangkan dalam blog proyek Tizen yang detikINET kutip dari TechRadar, Rabu (28/9/2011).

Tizen tampaknya ditujukan sebagai OS alternatif di samping Android dan iOS yang saat ini merajalela. Akankah Tizen sukses atau malah bernasib sama seperti MeeGo? Kita tunggu saja.

2 thoughts on “Samsung-Intel Kembangkan ‘Tizen’ Sebagai Pesaing Android

    1. tapi saya jadi ragu, karena sudah muncul Ubuntu OS yang bisa jadi thin client jika dapat dock dan monitor. tren ke depan kayaknya gitu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: