5 Langkah Yang Dapat diambil RIM Untuk Selamatkan Diri

Lima Langkah RIM Selamatkan Diri tanpa Meng-opensource-kan Semua Miliknya

Kabar tentang menurunnya saham RIM di NASDAQ dan turunnya jumlah penjualan handset blackberry dan playbook, membuat RIM sebagai produsen perangkat tersebut mulai dipandang sebagai perusahaan yang sedang kurang sehat. Jika tidak ada inovasi baru, sudah pasti mereka akan tergilas kepopuleran iOS, Android dan OS mobile lain.

Nah, berikut adalah lima langkah yang bisa dilakukan oleh RIM untuk memperbaiki kesehatan perusahaan tanpa mengopensourcekan semua miliknya dan berebut paten dipengadilan (dikutip dari The VAR Guy).

1. Hentikan Produksi PlayBook, saat ini playbook minim aplikasi, minim hubungan antara developer-perusahaan, minim kesukaan pengguna, sudah selayaknya bisnis ini ditinggalkan.

2. Kembali ke pasar Korporat, sebaiknya RIM kembali ke citra awal sebagai brand telekomunikasi yang terpercaya di kalangan korporat.

3. Teliti Kenapa Pasar Korporat mulai beranjak pergi.

4. Kembali menjadi perusahaan private, lupakan status Go Public dan lepaskan diri dari konsentrasi bisnis di pasar saham.

5. Kembali jadi perusahaan telekomunikasi mobile paling aman lagi.

Itulah mungkin saran yang bisa diambil oleh RIM untuk menyelamatkan diri. Apakah saran dari The VAR Guy ini akan diimplementasikan? Mari kita tunggu saja.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: