eBay Resmi Kerjasama dengan Telkom di Plasa.com

Jakarta – Raksasa e-commerce eBay melakukan ekspansi bisnis ke Indonesia dengan menggandeng Telkom. Kerja sama ini dinilai saling menguntungkan. Bagi Telkom, pengalaman dan suntikan dana dari eBay akan berarti banyak bagi ekspansi Plasa.com.

“Adanya suntikan dana dari eBay akan membuat Plasa.com kian berkembang karena perusahaan tersebut adalah pemain nomor satu untuk e-commerce di dunia,” kata Dirut PT Multimedia Nusantara (Metra) Alex J Sinaga, di sela penandatanganan kerja sama Telkom dan eBay, di Jakarta, Senin (16/4/2012).

Seperti diketahui, eBay yang meresmikan ekspansinya ke Indonesia dengan menggandeng Telkom, sepakat menggarap pasar jual beli online di Tanah Air dengan membentuk perusahaan patungan bernama PT MetraPlasa.

eBay akan menguasai 40% saham di MetraPlasa yang selama ini mengelola situs e-commerce Plasa.com. Metra, anak usaha Telkom yang selama ini bergerak di bidang investasi untuk sektor Information, Media, dan Edutainment (IME), juga akan menguasai 60% saham di perusahaan patungan tersebut.

“Tetapi ada opsi, kepemilikan eBay meningkat di perusahaan patungan ini,” ungkap Dirut Utama Telkom Rinaldi Firmansyah, di sela kesempatan yang sama.

Lebih lanjut dipaparkan, nilai dari pembelian 40% saham di Plasa.com itu berlipat ganda dari investasi Telkom pada 2009 lalu yang sekitar USD 5 juta.

“Nilai 40% saham itu berkali lipat. Tidak bisa disebutkan karena eBay perusahaan terbuka yang tercatat di bursa Amerika Serikat. Satu hal yang pasti, nilai uang itu ditanamkan kembali ke Plasa.com untuk pengembangan,” jelas Rinaldi.

Menurutnya, ketertarikan eBay terhadap Plasa.com tak bisa dilepaskan dari basis pelanggan mobile yang dimiliki perseroan sebesar 120 juta pelanggan.

“eBay akan masuk ke pasar mobile commerce. Kekuatan Telkom grup dengan basis pelanggan yang besar menjadi daya tarik bagi mereka,” katanya.

Alex mengungkapkan, adanya suntikan dana dari eBay akan membuat Plasa.com kian berkembang. Sebagai perusahaan investasi di bidang IME pada tahun 2011 lalu, Metra katanya berhasil meraup omset sebesar Rp 3 triliun dengan laba bersih Rp 50 miliar.

“Kami akan terus melakukan aliansi strategis dengan pihak-pihak yang ahli di bidangnya untuk mengangkat bisnis anak usaha,” katanya.

Berdasarkan laporan keuangan Telkom, pada 2011 kontribusi bisnis IME mencapai 23,92 triliun rupiah atau naik 20,8 persen dibanding 2010 sebesar 19,80 triliun rupiah.

Berdasarkan data dari buku Digital Creative & Information and Communication Technology Industries terbitan Infomedia, Plasa.com telah memiliki 1.700 merchant dengan omset sekitar Rp 10 miliar pada 2011.

Sedangkan menurut riset yang dilakukan Frost & Sullivan pada 2011 total nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai USD 1 miliar. sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: