Inilah Review Dell XPS 13

Dell terbilang terlambat dalam merilis ultrabook. Dell XPS 13 mulai dijual di Indonesia. Seperti ultrabook lainnya, desain tipis dan bobot ringan 1,3 kg menjadi andalan. Keunggulan fisik ini ditujukan untuk para profesional yang memiliki mobilitas tinggi.
Desain
Lapisan alumunium yang membungkus bagian atas dan serat karbon pada bagian bawah menampilkan garis desain minimalis yang mengingatkan pada MacBook Air. Layar 13 inci mendapat perlindungan anti gores dan pecah dari Corning Gorilla Glass yang tangguh.
Keyboard dengan backlit dan touchpad luas mempermudah proses pengetikan. Ketipisan Dell XPS 13 membuat Anda dapat menikmati layar 13 inci dengan ukuran bodi serasa 11 inci.

Bagian Dalam
Dell memberikan dukungan 128GB Solid-State Drive (SSD) dan Intel Core i5-2467M CPU dengan harga yang sesuai. Kendati Toshiba dan Hawlett Packard menawarkan dengan harga yang lebih kompetitif untuk spesifikasi serupa.

Multimedia
Nikmati hiburan dengan audio HD yang didukung Waves MaxxAudio 4. Kamera web 1.3 MP dapat Anda gunakan untuk memotret. Fitur dual array digital microphones mambantu komunikasi VoIP Anda saat di luar kota atau negeri.

Konektivitas
Dua port USB tersedia pada bodi tipis XPS 13. Berhubung touchpad sudah lega, Anda tidak perlu repot menghubungkan dengan mouse. Sebagai perangkat multimedia, XPS 13 tidak menyediakan port HDMI dan kartu SD.

Baterai
Klaim Dell, baterai ultrabook ini tergolong hemat energi dengan daya tahan hingga 8,8 jam. Dibanding laptop tipis lainnya, daya tahan baterai XPS 13 masih tertinggal. Baterai HP Folio 13 mampu mencapai waktu siaga hingga 9,3 jam. Teknologi Intel Rapid Start dengan software Instant On mampu “membangunkan” laptop dari sleep mode dalam satu detik.

Rival
MacBook Air, Acer S3, HP Folio 13, dan Toshiba Portege Z835-P330 siap menantang Dell XPS 13 di pasaran. Perangkat ini dirilis dengan harga Rp14,7 juta.

Acer Aspire S3 menawarkan harga bersaing kisaran Rp7 juta-an. HP Folio memberikan performa, harga, dan desain ergonomis terbaik untuk kelas ultrabook Windows. Toshiba Portege memberikan spesifikasi serupa 128GB SSD.

MacBook Air menjadi unggulan dari segi desain tipis. Tapi, Mac OS belum tentu menjadi pilihan pengguna yang lebih akrab dengan Windows.

Spesifikasi Produk:
Dimensi 12.4 x 0.71 x 8.1 inci / 1,3 kg
OS Microsoft Windows 7 Home Premium
Layar 13 inci
Prosesor Intel 2nd Gen Core i5 i5-2467M / 1.6 GHz
Chipset Intel QS67
RAM 4 GB DDR3 SDRAM 1333 MHz
Hard Drive 128 GB SSD
Kartu Grafis Intel HD Graphics 3000
Konektivitas WiFi 802.11a/g/n, Bluetooth 3.0, USB 3.0, USB 2.0
Baterai Li-Polymer
Waktu Siaga 8,8 jam

sumber: Vivanews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: