Jolla Mobile Siap Lanjutkan Kejayaan MeeGo

Sekelompok mantan karyawan Nokia dikabarkan telah bergabung dengan komunitas untuk membuat perusahaan bernama Jolla. Mereka akan menggarap ponsel MeeGo.

Jolla, dari Bahasa Finlandia yang bermakna semacam rakit atau perahu kecil, dikatakan menggabungkan direktur dan profesonal terbaik eks-Nokia yang dulu menggarap MeeGo dan pentolan komunitas penggemar MeeGo.

Mereka sudah mulai menunjukkan eksistensinya melalui akun Twitter @JollaMobile. Salah satu tweet-nya dikutip oleh TheVerge sebagai berikut: New #MeeGo smartphones will be created together with our industrial and investor partners and with support of the MeeGo community.

Jolla dikabarkan dipimpin oleh Marc Dillon sebagai Chief Operating Officer. Dillon adalah salah satu engineer utama di balik Maemo, proyek yang kemudian menjadi MeeGo.

Menurut pernyataan dari Jolla, apa yang pernah dibuat Nokia lewat MeeGo adalah smartphone yang sangat bagus. Mereka ingin meneruskan upaya itu dan merangkul talenta terbaik di balik MeeGo.

Belum ada kabar resmi kapan ponsel MeeGo pertama dari Jolla akan dilahirkan. Namun satu hal yang pasti, mereka harus melakukan kerjasama dengan banyak pihak untuk mewujudkannya.

MeeGo sebelumnya merupakan kerjasama antara Nokia dan Intel, serta beberapa pihak lain. Proyek ini menggabungkan Maemo dan Moblin, dua proyek pengembangan Linux untuk smartphone yang berbeda.

Di Nokia, perangkat MeeGo hadir lewat N9 dan N950. Meski N9 cukup populer, Jolla Mobile tak akan merilis update untuk peragka tersebut karena Jolla tak berafiliasi dengan Nokia sama sekali. sumber: Kompas

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: