Nokia Siap Dukung Developer Lokal Untuk Go Internasional!

Jakarta – Segala upaya coba dilakukan Nokia untuk mengembangkan ekosistem developer di Indonesia. Mulai dari membuat kompetisi dan kontes developer, hingga membantu pemasaran aplikasinya lewat Nokia Store.

“Kami ingin developer lokal bersaing di level international,” kata Narenda Wicaksono, Developer Manager, Nokia South East Asia, dalam acara Nokia Developer Program, di Kembang Goela, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Keinginan itu coba diwujudkan Nokia dengan memanfaatkan ‘Finland Connection’ bersama Rovio, pembesut game populer Angry Birds.

“Kami ingin kesuksesan Rovio juga bisa ditiru oleh developer Indonesia. Kami ingin menghasilkan the next Angry Birds dari Indonesia,” kata Naren, sapaan akrab Narendra.

Ia bilang, upaya untuk menggandeng developer lokal telah dilakukan sejak tahun lalu dengan menyelenggarakan 60 ajang kompetisi developer berupa seminar, workshop, coding 24 jam di 12 kota. Tak hanya di kota-kota besar, namun juga di kota-kota terpencil.

“Kami percaya, ada bakat-bakat terpendam yang belum tereksplorasi di daerah-daerah,” katanya.

Keyakinan Nokia pun terbukti. Antusiasme developer lokal, khususnya, di kampus-kampus kecil, justru disambut positif oleh warga kampus.

“Aplikasi yang dihasilkan oleh developer di kampus AMIK Bandung, misalnya, langsung didownload 3000 kali hanya dalam satu jam setelah dirilis di Nokia Store,” kata Naren.

Nokia sendiri mencatat, sejauh ini ada 12.000 developer dari 50 universitas yang telah bekerja sama dengannya. Dari kerja sama itu, telah dihasilkan 3000 aplikasi lokal dengan jumlah 2,5 juta download per minggu di Nokia Store. sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: