Review Blackberry Porsche P 9981

Kendati Research In Motion lesu secara finansial, perusahaan ini memiliki jejaring yang kuat di ranah korporat. Sebagai ponsel bisnis, BlackBerry terkenal karena keyboard QWERTY yang nyaman, fitur push e-mail yang baik, dan layanan khusus pelanggan korporat dengan BlackBerry Enterprise Server.

RIM kini terus berupaya menggaet para eksekutif untuk tetap setia dengan BlackBerry. OS BlackBerry 7 dan seri terbaru BlackBerry Bold dirasa tidak cukup menggoda. Merek mewah Porsche Design memberi solusi lewat BlackBerry mewah seharga Rp18 juta. BlackBerry P’9981 menjadi semacam ponsel kelas premium ala Vertu. Meski harganya terpaut jauh dengan Vertu.

Pembedanya dengan ponsel-ponsel mewah seperti Motorola Aura, Nokia Oro, dan Vertu, BlackBerry Porsche tidak dijual dalam jumlah terbatas.

Harga Tinggi

Ponsel semacam ini biasanya menawarkan fitur sederhana, bukan berjejal teknologi super canggih. Jangan berharap setinggi harganya.

Material terbaik, produksi terbatas, dan segi artistik menyumbang harga yang melangit P’9981 ini.

Cap Porsche saja sudah membuat P’9981 sangat berharga. Kendati menjagokan desain, tampilan BlackBerry Porsche masih kalah menarik
dibanding ponsel mewah merek lainnya.

Desain

P’9981 jauh lebih indah dibanding bentuk BlackBerry lain yang sudah menjemukan. Ponsel ini terlihat menonjolkan keahlian para seniman.

BlackBerry Porsche disebutkan RIM dibuat dari material terbaik. Menurut Engadget, sekujur tubuhnya dilapis baja antikarat. Casing penutup baterai terbuat dari kulit asli. Setiap tombol keyboard QWERTY terbuat dari logam. Tombol navigasi di bawah layar terbuat dari rangkaian kaca.

Kendati berlapis logam, bagian bawah terbuat dari plastik. Material ini dipilih agar antena bisa beroperasi tanpa gangguan.

Kembar

P’9981 memiliki tampilan serupa BlackBerry Bold 9900. Pada dasarnya, ini ponsel yang sama. Layaknya saudara kembar, P’9981 juga memiliki CPU 1.2GHz Qualcomm MSM8655 dan RAM 768MB. Layar sentuh 2,8 inci memiliki resolusi 640 x 480 dengan kepadatan piksel 286ppi.

Selayaknya seri terbaru, smartphone bisnis kelas premium ini diperkuat BlackBerry OS7.0 dengan Liquid Graphics. Kekuatan daya tahan penunjang kinerja bisnis juga dipasang dengan baterai 1.230mAh.

Fitur GPS dan NFC juga dimuat dalam BlackBerry Porsche. Kamera belakang 5MP dengan LED flash bisa digunakan untuk merekam video 720p. Porsche Design seperti merancang ulang kemasan Bold 9900.

Performa BlackBerry ini memberikan kualitas terbaik. Perpaduan kemampuan menangkap sinyal dan kualitas panggilan telefoni yang baik didukung baterai tahan lama.

Berdasarkan tes SunSpider 9.1, performa BlackBerry Porsche terbukti lebih baik dibanding Bold 9900 dengan 2.495ms. Angka ini lebih tinggi 150ms di atas kembarannya. Kemampuan baterai BlackBerry ini juga bisa siaga 8 jam 15 menit sama seperti Bold.

Keyboard

Keunggulan utama BlackBerry Porsche ini terletak pada keyboard QWERTY yang setiap tombolnya dibuat khusus. Material logam membuat tombol bisa tahan penggunaan berulang lebih lama selama beberapa tahun. Tombol keyboard ini juga akan bersinar ketika Anda berada di area dengan pencahayaan rendah.

Kendati serupa, keyboard menunjukkan perbedaan khusus dengan Bold 9900. Posisi ukiran tombol berbeda dengan 9900. Tonjolan ukiran ini berada di setiap setengah bagian tombol.

Bentuk ukiran ini ditambah tombol yang lebih pendek dan lebar membuat mengetik lebih sulit. Anda akan sulit berpindah dari satu tombol ke tombol lain. Secara keseluruhan, keyboard ini tetap masih nyaman digunakan.

Theme Spesial

Pengguna P’9981 dibuat merasa istimewa dengan theme BlackBerry 7 khusus dari Porsche Design. Ada satu set ikon spesial dan pilihan latar yang berbeda dari theme BlackBerry lain.

Tidak banyak yang berbeda dari desain khusus ini. Menu dan elemen antarmuka masih sama. Aplikasi yang telah dimuat sebelumnya juga sama.

BlackBerry Porsche P’9981 tidak memiliki perbedaan yang mengejutkan. Tapi, BlackBerry seharga Rp18 juta ini menjual desain eksklusif dari Porsche. Para pebisnis kelas atas dapat memiliki ponsel dengan gaya yang berbeda dari orang lain. Tidak perlu lagi casing bertahtakan kristal Swarovski untuk menunjukkan kelasnya. Sumber: Vivanews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: