RIM Rilis Update OS Playbook ke Versi 2.0.1

Jakarta – Update operating system (OS) BlackBerry PlayBook ke 2.0.1 nampaknya seperti ‘memperpanjang nafas’ tablet tersebut. Benarkah?

Research In Motion (RIM) baru saja merilis update terbaru berupa OS dengan beberapa peningkatan dan optimalisasi. Versi terbaru tersebut, yakni BlackBerry PlayBook OS v2.0.1.358, kini tersedia untuk semua pengguna PlayBook.

Menurut pihak RIM, OS terbaru memiliki banyak update, termasuk penambahan kemampuan browser, peningkatan untuk dukungan terhadap aplikasi Android dan optimasi untuk Video Chat, PIM dan BlackBerry Bridge.

Padahal sebelumnya, dua bulan yang lalu RIM baru saja memperkenalkan OS terbaru untuk tablet BlackBerry PlayBook, yakni PlayBook OS 2.0. Pihak RIM saat itu menyatakan bahwa OS PlayBook 2.0 ini memang dibangun untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi, integrasi sosial dan produktivitas pengguna PlayBook.

Beberapa fitur kunci di OS PlayBook 2.0 sudah termasuk, integrasi klien email dengan inbox, penggabungan aplikasi kontak-kalender dengan integrasi sosial, dan lain-lain. Sebelum peng-update-an ini, RIM juga mengkonfirmasi bahwa ke depannya tablet PlayBook akan memakai OS BlackBerry 10.

Sebelumnya PlayBook memakai OS yang berbeda dari sejumlah ponsel BB. PlayBook memakai OS QNX, hingga akhirnya RIM mengumumkan hal baru ini. “Ya, kami akan menghadirkan BB 10 ke PlayBook dan OS itu akan hadir pada akhir 2012,” ujar Rob Orr, VP of Product Management di RIM.

Para pengamat melihat hal ini dilakukan RIM demi meningkatkan penjualan tablet PlayBook, yang mana semua pihak tahu bahwa penjualannya sangat lesu. Di awal peluncurannya tablet BlackBerry PlayBook sempat membuat kehebohan sendiri, hingga akhirnya kemudian kandas.

Bagaimana prediksi mereka untuk 2012? Pada awal 2011, perjalanan RIM cukup mulus, namun kemudian pencapaian tablet PlayBook mandek. Bahkan pihak RIM sempat mengatakan bahwa peluncuran tablet tersebut merupakan sebuah kesalahan.

Namun di tahun baru ini, tentunya RIM ingin melakukan ‘comeback’ yang baik. Rumor-rumor yang bermunculan pun menyebutkan bahwa mereka akan meluncurkan dua jenis terbaru PlayBook tahun ini.

Tablet baru yang rumornya bakal diluncurkan adalah PlayBook 7 inci yang bakal dibekali oleh radio 3G, sementara yang kedua adalah PlayBook 10 inci yang dilengkapi dengan radio LTE. Yang 10 inci sendiri dikabarkan akan diluncurkan pada akhir 2012.

Beberapa pengamat mengatakan bahwa usaha comeback RIM untuk PlayBook akan sedikit sulit, mengingat PlayBook v.1 mengalami kerugian yang cukup besar. Tapi setidaknya dengan update OS ini, nafas PlayBook v.1 jadi sedikit lebih panjang, sebelum mengeluarkan seri terbarunya lagi.

Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: