Sleekbook, Sebuah Ultrabook dari Hewlett-Packard

Shanghai- Hewlett-Packard memanaskan persaingan di segmen ultrabook dengan memperkenalkan Sleekbook. HP menyasar pengguna yang ingin memiliki ultrabook dengan harga terjangkau.

Kevin Frost, Vice President dan General Manager Volume Product HP, mengatakan, Sleekbook memiliki kemampuan lebih dibandingkan netbook karena memiliki layar yang lebih lebar dan kemampuan prosesor lebih cepat.

“Komputer ini cocok bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi,” kata Frost dalam ajang HP Global Influencer Summit, yang berlangsung selama dua hari di Shanghai Expo Center, Cina.

Frost menambahkan bahwa prosesor yang digunakan adalah Intel Pentium dengan perangkat simpan berupa hard disk. Adapun layarnya seluas 14 dan 15 inci, namun tanpa dilengkapi teknologi pengaman data dari intel.

“Karena kalau menggunakan teknologi solid-state drive (SSD) untuk penyimpanan tentu harganya menjadi lebih mahal. SSD kami gunakan untuk HP SpectreXT,” kata dia.

Menurut teknisi HP, Quek Kheok, Sleekbook ditawarkan dalam dua versi, yakni Envy 4 dan 6, dengan masing-masing dibalut warna keperakan-hitam dan hitam-merah darah.

Keduanya ditawarkan pada kisaran harga US$ 699 atau sekitar Rp 6,3 juta. Adapun sistem operasi yang digunakan adalah windows 7. Namun sepsifikasi Sleekbook ini di tiap negara akan berbeda.

“Ada yang dilengkapi dengan sistem operasi, ada juga yang tidak,” kata dia. “Semua tergantung besaran pajak yang dikenakan.”

Sleekbook memiliki papan sentuh yang cukup luas untuk menggerakkan pointer. Kapasitas penyimpanannya sebesar 320 gigabyte hingga 500 gigabyte dengan random access memory (RAM) sebesar 2 gigabyte.

Permukaannya terbuat dari alumunium yang disikat (brushed alumunium) sehingga memberikan kesan unik seperti alur urat kayu. Daya tahan baterai mencapai sekitar 8-10 jam dengan daya pakai hingga 1.000 kali charge.

Menurut Stacey Wolff, VP Personal Computer Design, rancangan ini dibuat secara khusus agar memiliki ciri khas yang membedakan dengan pabrikan lain. “Kami tidak ingin mengekor hasil desain pabrikan lain.” kata dia menjawab pertanyaan Tempo. Sumber: Tempo

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: