Cara dan Tips Memilih Perumahan

Memilih perumahan yang cocok memang agak sulit. Selain faktor fisik, faktor non fisik seperti kondisi masyarakat sekitar menjadi penting. Setidaknya inilah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan saat memilih perumahan yang tepat.

  1. Fasilitas Pendukung Yang Lengkap
    Berbicara rumah bukan hanya berbicara tempat bermukim bersama keluarga saja, tetapi juga bagaimana Anda dapat hidup dengan nyaman di dalam lingkungan perumahan. Oleh karena itu, fasilitas pendukung di perumahan menjadi sangat penting.

Fasilitas pendukung yang penting harus ada di perumahan adalah lapangan bermain, tempat ibadah (misal Mushola), pos keamanan.

  1. Transportasi Yang Mudah
    Transportasi adalah termasuk hal yang penting, terutama bagi penduduk kota besar seperti Ibu kota Jakarta. Harga properti yang terbilang mahal di lokasi strategis di pusat kota menunjukkan begitu pentingnya akses transportasi. Transportasi yang baik dapat memberikan kenyamanan serta mudah diakses bagi seluruh penghuni perumahan.

Perhatikan bagaimana masyarakat sekitar mengakses wilayah tersebut, bagaimana rute angkotnya, apakah ada pos ojek atau jasa ojek, dan paling penting, cek dengan menghubungi/memesan taksi, jika daerah tersebut sudah terkenal dan mudah dijangkau, seharusnya si supir taksi tidak kebingungan mencari wilayah perumahan anda.

  1. Reputasi Developer Yang Terpercaya

Sebelum Anda membeli rumah di sebuah perumahan, ada baiknya Anda harus mencari tahu dulu reputasi dari developer atau pengembang tersebut. Jangan hanya karena harganya yang murah, kemudian Anda cepat-cepat mengambil keputusan untuk membeli rumah. Pengembangan sebuah perumahan tercermin dari reputasi dan komitmen dari developer atau pengembang. Pengembang atau developer yang baik akan menghasilkan perumahan yang baik pula. Maka dari itu, pemilihan membeli rumah dari developer yang memiliki reputasi baik menjadi sangat penting.

Cari informasi seputar proyek-proyek yang mereka kembangkan, Developer profesional dipastikan memiliki lebih dari satu lokasi proyek. Paling cepat, anda bisa cari lewat search engine seperti Google, OLX dll.

  1. Ada Dukungan KPR Dari Bank
    Sekitar 70% proses pembelian rumah di Indonesia masih memanfaatkan fasilitas kredit dari bank(KPR). Bank memiliki peranan yang penting dalam membantu pembelian rumah bagi masyarakat. Pihak bank biasanya akan memberikan fasilitas KPR hanya kepada pengembang atau developer yang telah memiliki kerjasama dengan bank. Maka pastikan lebih dahulu apakah perumahan yang Anda pilih memiliki fasilitas KPR, agar Anda dapat membeli rumah dengan bantuan fasilitas kredit dari bank.

  2. Pendapat Masyarakat Sekitar

Cari tahu pendapat masyarakat sekitar terhadap perumahan baru, atau kondisi sosial masyarakat sekitar perumahan tersebut. Kawasan yang religius dan ramah adalah yang paling baik.

Itulah tips dan cara memilih perumahan menurut saya. Ada lagi? Silakan tambahkan lewat form komentar dibawah ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: