Dua Lubang Hitam Raksasa di Dekat Galaksi Bimasakti

Cambridge – Astronom Amerika Serikat mengaku menemukan pasangan pertama lubang hitam. Lubang hitam kembar ini ditemukan di galaksi spiral serupa Bima Sakti.

Pada jarak sekitar 160 juta tahun cahaya dari Bumi, pasangan ini ditemukan dengan Chandra X-ray Observatory NASA. Lubang hitam kembar ini merupakan contoh terdekat yang diketahui dari fenomena semacam ini.

Menurut astronom, lubang hitam yang terletak di dekat pusat galaksi spiral NGC 3393 ini kemungkinan merupakan sisa dari penggabungan dua galaksi massa yang tidak setara pada lebih dari satu miliar tahun silam.

Observasi sebelumnya menunjukkan, lubang hitam ini merupakan supermasif tunggal yang ada di tengah NGC 3393. Namun, melalui pengamatan Chandra X-ray, ternyata lubang hitam ini bukanlah satu lubang hitam supermasi, melainkan dua lubang hitam.

“Karena galaksi ini berada tepat di dekat galaksi kita, lubang hitam ini membuat kami bertanya-tanya seberapa banyak dari pasangan lubang hitam yang tak kita ketahui,” ujar Pepi Fabbiano dari Harvard-Smithsonian for Astrophysics di Cambridge, Massachusetts seperti ditulis UPI.

Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: