[foto] Ketika Lubang Hitam menelan Sebuah Bintang

London – Menggunakan teleskop NASA, para astronom berhasil ‘menangkap’ peristiwa langka ini. Sebuah jet kosmik menakjubkan keluar dari lubang hitam raksasa yang melahap bintang.

Sebelumnya, fenomena sangat langka yang hanya terjadi tiap 100 juta tahun ini belum pernah diteliti. Fenomena yang dikenal sebagai ‘jet realitivistik’ ini mampu mencapai panjang ratusan ribu tahun cahaya.

Awalnya, para ilmuwan menyadari fenomena ini pada Maret lalu setelah teleskop Swift NASA mendeteksi semburan sinar-x di langit.

Tim peneliti Pennsylvania State University dan Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics mengatakan, semburan ini diduga sisa bintang yang terlontar setelah ‘tercabik’ lubang hitang yang jaraknya 3,9 miliar tahun cahaya.

Courtesy: DailyMail

Dr David Burrows mengatakan, analisa kimia dari cahaya ultraviolet itu menunjukkan, cahaya muncul dari bahan yang tersedot ke dalam lubang hitam.

“Menakjubkan, sumber bintang masih menghasilkan sinar-x dan cukup terang hingga dapat diteliti melalui Swift,” ujarnya seperti ditulis Dailymail.

Menurut hasil studi yang diterbitkan di Nature, lubang hitam ini diyakini menjadi makin kuat setelah mendapat massa tambahan dari bintang yang dilahapnya.

Sumber: Inilah.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: