Ledakan Supernova 9 September

Malam ini, akan ada hal spesial muncul di langit malam. Sebuah bintang dengan jarak jutaan tahun cahaya dari Bumi akan meledak. Seperti apa?

Para astronom memprediksi, fenomena yang lebih dikenal sebagai supernova ini akan mencapai titip paling terangnya sejak 1954 malam ini. Ledakan bintang ini akan tampak di langit malam cerah Indonesia.

Namun, menurut Peneliti Senior Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, karena supernova ini terjadi di langit utara, kesempatan melihat fenomena ini lebih besar di Indonesia bagian utara.

“Fenomena lebih berpeluang disaksikan di Indonesia bagian utara saat langit cerahm,” ujarnya saat diwawancara INILAH.COM via telepon (8/9). Selain kondisi langit cerah, para pengamat langit harus menggunakan teropong atau teleskop untuk menyaksikannya.

Supernova ini bisa tampak karena bintang di galaksi itu berada dekat Bima Sakti dengan jarak 21 juta tahun cahaya. Waktu tepat melihat fenomena langka ini yakni pada beberapa jam pertama setelah malam tiba mengarah rasi bintang Plough.

Semoga beruntung menyaksikan supernova ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: