Bulan dan Venus Tampil Berbentuk Sabit

Apabila Anda beruntung, setelah matahari terbenam Anda bisa melihat bulan beradu dengan Venus lagi. Planet yang tampil serupa benda langit yang bersinar mirip bintang ini sedang mendekati bulan sabit.

Menurut laman Earthsky.org, Venus mengorbit matahari dalam orbit bumi. Kita melihat bumi melalui berbagai fase, seperti juga bulan. Bulan dan Venus bertemu dalam bentuk sabit malam ini.

Kendati bersinar terang, Anda tetap membutuhkan teleskop untuk melihat Venus berbentuk sabit. Cobalah melihat langit senja sebelum cahaya Venus menjadi terlalu silau. Malam ini, lebih dari 30 persen bagian Venus diterangi oleh sinar matahari.

Tidak seperti bulan sabit pada malam yang menuju fase penuh, bentuk Venus mengecil. Perbedaan ini karena Venus berputar mengililingi matahari, sementara bulan mengelilingi bumi.

Venus melengkapi siklus ke Venus baru dalam periode 584 hari. Venus melintasi matahari dan bumi hanya 5 kali setiap 8 tahun versi bumi.

Kunjungan Terakhir
Sebagaimana terlihat di bumi, Venus hampir selalu melewati utara atau selatan lintasan matahari saat terjebak di antara matahari dan bumi. Kali ini berbeda.
Pada 6 Juni 2012 waktu universal (5 Juni menurut belahan bumi barat) Venus akan transit dengan memutar ke kanan di hadapan lintasan matahari. Planet “dewi cinta” ini terlihat seperti titik gelap di depan matahari. Transit Venus terakhir pada abad 21 terjadi pada Juni 2012.

Persinggahan Venus ini sangat langka. Kali terakhir terjadi pada 8 Juni 2004. Anda harus bersiap menyaksikan kehadiran terakhir Venus selama abad 21 (2001-2100) pada 6 Juni 2012. Untuk menikmati momen ini, Anda perlu melindungi mata dari paparan cahaya.

Apabila berumur panjang, ada dua kali transit Venus pada abad 22 (2101-2200) yakni 11 Desember 2117 dan 8 Desember 2125.

Nikmati dulu duo sabit bulan dan Venus malam ini. Pertemuan dengan matahari akan digelar pada 5-6 Juni 2012. Sumber: Vivanews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: