Inilah Jenis Kutu Purba

Dengan ukuran sepuluh kali lebih besar kutu versi zaman sekarang, entah seperti apa rasanya digigit binatang ini. Beruntung, kutu ini sudah punah.

Ilmuwan menemukan kutu purba dengan kaki yang sanggup mencengkram kulit keras dinosaurus terbesar. Kulit t-rex ssaja sanggup ditembus. Profesor George Poinar Jnr dari Universitas Negeri Oregon menggambarkan dua spesies kutu buas ini.

Kutu ini memiliki nama Pseudopulex jurassicus dan Pseudopulex magnus.

“Dari ukuran moncong mereka, kita bisa tahu mereka sangat jahat. Tusukannya akan terasa seperti jarum suntik . Tembakan kutu, bukan vaksin flu,” ujar Poinar seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Kutu ini ditemukan di antara fosil-fosil di Mongolia. Diperkirakan binatang purba ini hidup pada zaman Jurrasic.

Satu-satunya yang membahagiakan para dinosaurus, kutu ini tidak bisa melompat seperti kutu zaman sekarang. “Fosil kompresi” ini merupakan serangga asli yang diawetkan dengan menjadi fosil selama jutaan tahun.

“Kita harus bersyukur, kutu modern tidak bisa sebesar ini,” ujar profesor emeritus zoologi ini.

Penemuan fosil organisme serupa kutu ini berikut hasil penelitiannya dimuat pada jurnal online Current Biology. Sumber: Vivanews

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...