Inilah Peraih Nobel Fisika tahun 2012

Stockholm – Dua fisikawan, Serge Haroche dari College de France dan David J. Wineland dari National Institute of Standards and Technology, meraih Nobel Fisika 2012.

Pengumuman penghargaan ini dilakukan Royal Swedish Academy of Sciences, di Stockholm, Swedia, Selasa (9/10). Kedua fisikawan ini memperoleh Nobel karena dianggap berhasil menemukan cara mengukur partikel kuantum tanpa menghancurkannya.

Dilansir oleh Reuters, Haroche dan Wineland disebutkan berhasil menemukan cara memanipulasi partikel-partikel materi dan cahaya yang berukuran sangat kecil untuk mengobservasi perilaku aneh yang sebelumnya hanya bisa diimajinasikan melalui persamaan dan percobaan dalam pikiran.

“Para penerima Nobel telah membuka pintu era baru dunia eksperimen fisika kuantum dengan mendemonstrasikan observasi langsung dari partikel kuantum indivisual tanpa menghancurkan mereka,” ungkap Royal Swedish Academy of Sciences yang memberikan hadiah uang sejumlah US$1,2 juta kepada para peraih hadiah Nobel ini.

“Semoga komputer kuantum mampu mengubah kehidupan sehari-hari pada abad ini, dengan cara radikal yang sama ketika komputer klasik muncul,” lanjut Royal Swedish Academy of Sciences dalam pengumumannya.

Royal Swedish Academy of Sciences mengungkapkan kedua fisikawan itu menggunakan pendekatan berbeda untuk masalah yang sama.

Wineland menggunakan partikel cahaya atau foton untuk mengukur dan mengontrol partikel materi atau electron. Sementara Haroche menggunakan elektron untuk mengontrol dan mengukur foton. Sumber: Inilah.com | Reuters

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: