Kemiri Sebagai Bahan Bakar?

SUKABUMI — Kemiri Minyak bisa menjadi alternatif bahan bakar nabati (BBN) bio-diesel yang ekonomis. Jika digunakan untuk menggerakkan diesel, bahan bakar Kemiri terbukti lebih efisien dibanding solar atau bahan bakar nabati yang lain semisal dari Jarak Pagar.

Dibyo Pranowo, Peneliti Bioenergi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Kementerian Pertanian, di Sukabumi hari ini menjelaskan, satu liter bahan bakar Kemiri Minyak bisa untuk menghidupkan generator selama 240 menit. Adapun solar dalam jumlah sama hanya selama 62 menit, dan Jarak Pagar 145 menit.

Hendru Nugroho, Direktur PT Bahtera Hijau Lestari (BHL), perusahaan yang bekerjasama dengan Balittri, menambahkan bahwa Kemiri Minyak juga efisien dari sisi produksi. “Tanaman Kemiri Minyak dalam satu hektar per tahun bisa menghasilkan 10-12 ton buah,” jelasnya. Sebagai perbandingan, tanaman Jarak hanya bisa menghasilkan 1,5 ton dan Sawit menghasilkan 6 ton.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Widjajono Partowidagdo, mendukung proyek yang dikerjakan Balittri dan PT BHL itu. “Ini bisa menjadi energi alternatif yang mengurangi ketergantungan kita terhadap bahan bakar fosil,” katanya.

Sumber: Tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: