Peneliti Kembangkan Lensa Kontak Sebagai Layar HP

Belgium – Penemuan ini akan terdengar seperti film sci-fi. Membaca pesan teks melalui lensa kontak yang dilekatkan pada bola mata. Para ilmuwan telah mengembangkan sebuah teknologi baru yang memungkinkan pesan elektronik dari ponsel akan langsung diproyeksikan ke lensa kontak di mata penerima.

Peneliti dari Universitas Ghent menciptakan layar LCD melengkung seperti separuh bola yang digunakan seperti lensa kontak itu. Layar ini akan memproyeksikan gambar menggunakan teknologi nirkabel. Teknologi ini menampilkan gambaran penuh piksel dengan detail yang sama sebagai layar televisi yang mampu mengubah cara kita berkomunikasi.

“Sekarang kami telah membentuk teknologi dasar. Selanjutnya kami bisa mulai bekerja menuju aplikasi nyata. Mungkin akan tersedia dalam beberapa tahun ke depan,” ujar Profesor Herbert De Smet. Menurut dia, seluruh permukaan lensa kontak itu dapat digunakan untuk memproyeksikan gambar dan pesan.

Para peneliti juga mencermati kemungkinan untuk menggunakan lensa kacamata yang memiliki tingkat kemampuan adaptasi terhadap sinar matahari. Jelle De Smet, peneliti utama mengatakan bahwa teknologi ini tidak berhenti pada fiksi ilmiah saja. “Barangkali menarik untuk menampilkan aplikasi khusus seperti tampilan gambar arah jalan atau pesan teks yang langsung bisa diproyeksikan ke mata kita,” ujarnya. Sumber: Tempo

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: