Pesawat Luar Angkasa Komersial Pertama, Siap Diuji

PALO ALTO, CALIFORNIA – Perusahaan milik konglomerat Richard Branson, Virgin Galactic, mengumumkan rencana untuk meluncurkan pesawat percobaan dengan tujuan luar angkasa.

Dengan uji coba pesawat Space ShipTwo Virgin Galatic menurut Reuters diharapkan tahun 2013 atau 2014, sudah bisa digunakan untuk mengangkut penumpang yang ingin menikmati gravitasi nol di luar angkasa,SpaceShip Two merupakan pesawat berukuran lima kaki milik grup Virgin yang pertama menyelesaikan tes penerbangan atmosferik 31 kali, 15 di antaranya disambungkan ke pesawat carrier-nya, WhiteKnightTwo, dan 16 tes peluncuran, kata William Pomerantz, wakil ketua projek spesial Virgin Galactic.

Meski baru akan dilakukan uji coba terhadap pesawat Space Ship Two rancangan Virgin Galatic , namun saat ini sudah ada 500 orang yang berminat untuk melakukan penerbangan dengan harga tiket 200 ribu dollar Amerika per orang.

Pesawat ini didesain untuk mencapai ketinggian sekitar 109 kilometer, lalu para penumpangnya bisa menikmati gravitasi nol dan memandang bumi dari luar atmosfer dengan latar belakang hitamnya luar angkasa.

“Di area suborbital, ada banyak hal yang harus dilakukan. Ini adalah area yang secara esensial kosong selama 4 dekade. Ada banyak kesempatan. Saya berharap akan ada banyak pendekatan untuk membuktikan wilayah itu benar-benar bisa mendatangkan keuntungan, dan berguna,” kata astronot pertama yang menginjak bulan, Neil Armstrong, dalam acara Next-Generation Suborbital Researchers Conference, di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Persiapan penerbangan dengan tenaga roket sedang dalam persiapan percobaan di Scaled Composites’ Mojave, California, dan rencananya akan diluncurkan tahun ini, namun tidak dikatakan persisnya kapan.

Sumber: TribunNews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: