China Berhasil Daratkan Wahana Luar Angkasanya di Bulan!

Beijing – China bergabung dengan AS dan Rusia menjadi negara yang berhasil mendaratkan pesawat di bulan lewat pesawat tak berawak Chang’e-3.

Pesawat luar angkasa tak berawak Chang’e-3 diluncurkan pada dua pekan lalu. Ini menjadi pesawat pertama setelah 30 tahun lamanya tidak ada pesawat yang mendarat di bulan. Nama Chang’e dinamai dari dewi bulan dalam cerita rakyat Tiongkok.

Pesawat ini membawa Yutu, pendamping sang ‘dewi’ yang merupakan sebuah robot rover seperti Curiosity di planet Mars milik NASA, dan dibekali dengan empat kamera serta dua lengan mekanis untuk mengambil sampel permukaan di Bulan.

Chang’e dan Yutu kini tengah beristirahat di wilayah teluk pelangi yang belum dijelajahi di bulan. Cina telah mengamati wilayah ini sebagai potensi pendaratan pesawat mereka sejak 2010.

TheVerge melansir, Yutu bakal menghabiskan tiga bulan ke depan untuk mencari sampel yang bisa diteliti, dan dimonitori dengan bantuan dari European Space Agency (ESA).

Pesawat luar angkasa terakhir yang berhasil mendarat di bulan adah Luna 24 milik Uni Soviet pada 1976.

Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: