Ilmuwan Ingatkan Bahaya Gempa Besar Di Kota Besar Dunia, Termasuk Jakarta

Vancouver – Peneliti memperingatkan kota-kota yang berada di zona gempa bumi bahwa gempa susulan dari ‘megaquake’, atau gempa bumi superbesar bisa menimbulkan bahaya nyata.

Para peneliti ingin masyarakat mengetahui bahwa gempa susulan dari megaquake dapat menimbulkan bahaya, sekalipun pada wilayah yang berada ratusan kilometer dari pusat gempa aslinya.

Saat ini atau sekitar dua tahun dari terjadinya megaquake yang menghancurkan Jepang, tingkat gempa bumi di Tokyo tercatat tiga kali lebih tinggi daripada sebelum terjadinya megaquake tersebut, padahal Tokyo berada 400 kilometer dari pusat gempa.

Sementara kota Santiago, Chile juga mengalami peningkatan serupa setelah megaquake di Chile pada Februari 2010 silam dengan jarak 400 kilometer dari Santiago.

“Meski biasanya lebih kecil, ada kemungkinan bahwa gempa susulan bisa saja lebih besar daripada gempa utama. Jadi, jangan dianggap gempa susulan tidak berbahaya,” kata Ross S. Stein dari US Geological Survey.

Para peneliti mencatat bahwa Tokyo dan Santiago hampir dihancurkan dua kali oleh gempa bumi sejak 1600.

Mereka juga memperingatkan bahwa kota yang berada dalam jangkauan gempa bumi, seperti Vancouver, Taipei, Manila, Lima dan juga Jakarta bisa menderita nasib yang sama.

“Kami tidak dapat memperkirakan gempa bumi dan kami juga tidak bisa mengatakan ke publik apa yang mereka seharusnya layak tahu, seberapa besar, kapan dan di mana,” kata Stein pada CBC News.

“Peringatan ini terutama berlaku untuk wilayah pantai barat Kanada, jadi bersiaplah,” serunya.

Para peneliti menyarankan bahwa pemantauan pasca gempa dan penjabaran yang dilakukan berdasarkan hasilnya, diperlukan di seluruh dunia.

Hal tersebut diperlukan untuk membantu para ilmuwan memahami apakah peningkatan tingkat gempa bumi di kota-kota seperti Tokyo setelah terjadinya megaquake, mengartikan bahwa megaquake sebenarnya cenderung mengarah ke kota tersebut.

Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: