Ilmuwan: Lebih dari 100 Milyar Planet ada di Galaksi Bima Sakti

California – Studi terbaru menyatakan bahwa ternyata ada 100 miliar planet di galaksi Bima Sakti. Benarkah?

“Galaksi Bima Sakti kita ini merupakan ‘rumah’ dari setidaknya 100 miliar planet, atau bahkan lebih. Pada dasarnya ada sebuah ‘planet alien’ di tiap-tiap bintang tersebut,” papar Jonathan Swift dari lembaga Caltech di Pasadena, yang melakukan studi tersebut.

Swift beserta para koleganya menyatakan estimasi tersebut setelah mereka mempelajari sistem planet lima yang disebut Kepler-32, yang berjarak 915 tahun cahaya dari Bumi.

Sistem planet lima tersebut terdeteksi oleh teleskop Kepler Space Telescope milik NASA, demikian seperti yang dilansir oleh FoxNews.

Kelima planet di sistem Kepler-32 tersebut mengorbit pada bintang M Dwarf; sebuah bintang yang berukuran lebih kecil dan dingin dibandingkan dengan Matahari kita.

“M Dwarf merupakan jenis bintang paling umum, yang ada di galaksi Bima Sakti; sekitar 75% dari galaksi kita yang berisi 100 miliar bintang,” ungkap Swift.

Swift juga mengatakan bahwa sistem planet Kepler-32 sama ukurannya seperti Bumi, berikut juga jarak orbitnya.

“Sehingga sistem planet Kepler-32 bisa mewakili planet-planet lainnya yang ada di galaksi Bima Sakti,” pungkasnya.

via Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: