Ilmuwan Temukan Bulan Baru dari Planet Neptunus

Florida – Neptunus memiliki satu lagi bulan baru. Bulan berdiameter sekitar 19 kilometer ini terletak sejauh 105 ribu kilometer dari planet ke delapan dalam tata surya.

Dalam lamannya hari ini, Selasa, 16 Juli 2013, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan bulan ke-14 yang mengorbit Neptunus itu ditemukan oleh Mark Showalter, seorang astronom yang bekerja di SETI Institute di Mountain View, California.

Showalter sedang menjalankan program analisis untuk mempelajari antariksa yang lebih luas. Saat meneliti arsip gambar Neptunus yang diambil dari teleskop antariksa Hubble, ia menemukan bulan baru dalam fragmen cincin samar yang mengelilingi planet itu.

“Saya menemukan satu titik tambahan yang tidak seharusnya berada di sana,” kata Showalter menceritakan kemunculan bulan baru Neptunus yang terlihat dalam layar komputernya sebagai sebuah titik tambahan.

Analisis lanjutan terhadap arsip gambar Neptunus yang lain memastikan bahwa benda itu memang benar sebuah bulan.

Showalter dan sejumlah rekannya kini sedang memikirkan nama untuk diusulkan kepada International Astronomical Union, badan internasional yang berwenang menamai benda-benda langit.

“Kami akan mencari nama dari mitologi Romawi atau Yunani yang cocok dengan karakter Neptunus si dewa lautan,” kata Showalter seperti dikutip Reuters.

Bulan terbesar Neptunus, Triton, ditemukan pada 1846, hanya beberapa hari setelah planet itu sendiri ditemukan. Adapun Nereid, bulan terbesar ketiga Neptunus, ditemukan tahun 1949.

Gambar yang diambil oleh pesawat antariksa Voyager 2 milik NASA menunjukkan keberadaan Proteus, bulan terbesar kedua Neptunus, serta lima bulan lainnya yang lebih kecil, antara lain Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, dan Larissa.

Empat bulan lainnya, Halimede, Laomedeia, Sao, dan Nestor ditemukan lewat teleskop di bumi pada 2002. Setahun kemudian ditemukan Psamathe, bulan ke-13 yang mengelilingi Neptunus.

Bulan yang ditemukan oleh Showalter, berkode S/2004 N 1, terletak antara Larissa dan Proteus. Bulan ini mengorbit Neptunus selama 23 jam.

Sumber: Tempo

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: