Mobil Kendali Otomatis Milik Google Tabrakan

Jakarta – Kasus minor tabrakan Prius lawan Prius ini menjadi bagian sejarah otomotif. Yakni, tabrakan pertama mobil kendali otomatis Google. Seperti apa?

Foto ini diambil awal pekan ini di dekat markas besar Google di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS). Prius yang dikenali sebagai prototip mobil pengumpul gambar untuk Google Streetview itu menabrak Prius lainnya. Tabrakan selalu menjadi hal mengkhawatirkan bagi mobil kendali otomatis.

Hal ini karena serangkaian laser dan sistem pencitraan yang disebut ‘mekanisme berkendara sempurna’ oleh kepala peneliti mobil otomatis Google Sebastian Thrun ini mengenali Prius yang lain sebagai bayangannya.

Awal tahun ini, Google berhasil meyakinkan pemerintah Nevada membuat SIM khusus mobil otomatis ini setelah memamerkan fakta mobil kendali otomatis buatan mesin pencari itu berhasil berjalan ratusan ribu kilometer di California.

Banyak ahli teknologi mempertanyakan apakah mobil kendali otomatis ini ‘cukup pintar untuk mengorbankan penumpangnya dan menyelamatkan orang lain dalam satu tabrakan’. Pertarungan terbesar dalam keamanan otomotif saat ini terkait fokus pengemudi saat berkendara. Namun, mobil Google ini nampaknya menjadi ‘mesin pengacau utama’.

Ironisnya, wartawan Business Insider melaporkan, juru bicara Google mengomentari kecelakaan ini, “Keamanan adalah priotitas utama kami. Salah satu tujuan kami adalah mencegah kecelakaan yang sering terjadi saat orang berkendara secara manual seperti kecelakaan ini.” Sumber: Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: