NASA Siapkan Robot Untuk Tangkap Asteroid

Washington – Program space shuttle dari NASA mungkin telah berakhir, tetapi NASA nampaknya tidak akan berhenti dari proyek-proyek terbarunya.

Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat NASA disebutkan sedang mempertimbangkan sebuah misi baru untuk mengirim sebuah robot untuk menangkap sebuah asteroid dengan bobot sekitar 500 kilogram lalu menempatkannya di orbit di sekitar bulan, seperti yang dilansir dari TheVerge.

Kelayakan misi ini dibahas secara rinci dalam sebuah studi yang disiapkan untuk Keck Institute for Space Studies oleh sekelompok pegawai NASA dan ilmuwan dari universitas tersebut yang telah diumumkan pada April tahun lalu.

Studi ini akan membahas apakah mungkin untuk mengirim robot pada roket Atlas V untuk menangkap dan meletakkan kembali Asteroid sebesar 7 meter yang berada di dekat bumi dengan perkiraan biaya sebesar US$2,6 miliar, sedikit lebih mahal dari biaya robot Curiosity ke Mars.

Robot tersebut akan melakukan perjalanan ke asteroid yang menjadi targetnya, lalu mengukur dan mencocokkan perputaran dan kecepatannya, lalu kemudian menangkap asteroid tersebut menggunakan kantong berukuran tinggi 10 meter dan lebar 15 meter.

Keck Institute for Space Studies menyimpulkan bahwa misi tersebut sangat mungkin untuk dilakukan jika prosesi dentifikasi asteroid tepat sehingga memberi kekuatan pada sistem penggerak listrik bertenaga surya untuk memindahkan target.

Misi ini dilakukan berdasarkan pada asumsi bahwa manusia pada pertengahan tahun 2020 di masa depan dan akan dapat menangkap dan mempelajari asteroid.

Studi menunjukkan bahwa membawa sebuah asteroid yang berada di dekat bumi akan memberikan kemudahan untuk astronot dalam persiapan misi-misi ke Mars, membuka peluang untuk menggunakan robot untuk membawa sumber daya ke ruang awak, dan membantu mengembangkan operasi pertambangan di masa depan.

Misi ini nantinya juga akan memberikan informasi untuk membantu mempersiapkan pembelokkan jalur asteroid agar tidak berbenturan dengan bumi di masa depan.

Via Inilah.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: